Wali Kota Bekasi Sebut Waduk Tiu Jaktim Sebabkan Banjir di Wilayahnya

Wisnu Yusep, Okezone · Kamis 05 November 2020 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 338 2304667 wali-kota-bekasi-sebut-waduk-tiu-jaktim-sebabkan-banjir-di-wilayahnya-Gr78bZ5K24.jpg Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi (Okezone)

BEKASI – Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyebutkan, penyebab banjir yang terjadi di wilayah Kelurahan Jatimelati, Kota Bekasi, Jawa Barat. Penyebanya adalag proyek sodetan Waduk Tiu, Pondok Ranggon, Jakarta Timur.

Banjir yang terjadi itu karena adanya penutupan dua dari tiga pintu air Waduk Tiu di Jalan Kampung Keramat, Setu.

"Kebetulan (lokasi Waduk Tiu) berbatasan dengan Kota Bekasi, saya sudah cek dampak banjir di Kota Bekasi, tepatnya di Kelurahan Jatimelati akibat penutupan dua tanggul (pintu air)," kata pria yang disapa Pepen itu kepada wartawan, Kamis (5/11/2020).

Lokasi di dekat Waduk Tiu, kata Pepen sedang dalam pengerjaan sodetan yang dilakukan oleh Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur. Di pengerjaan proyek itu memang ada sekitar 4 pintu ari, namun 2 pintu ditutup.

"Akhirnya menyebabkan banjir di daerah Kota Bekasi karena elevasinya tidak setinggi Jakarta Timur," beber politikus Golkar itu.

Berdasarkan rencana, kata Rahmat, pengentasan banjir di Jatimelati akan dibuat tanggul sepanjang sekitar 605 meter dengan sistem tanggul beronjong.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini