Antisipasi Covid-19, Petugas Kesehatan Siaga di Lokasi Pengungsian Banjir

Komaruddin Bagja, Sindonews · Jum'at 06 November 2020 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 06 338 2305377 antisipasi-covid-19-petugas-kesehatan-siaga-di-lokasi-pengungsian-banjir-QXb5jxYCpt.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Pusat (Jakpus) akan menyiapkan petugas kesehatan di pengungsian. Hal itu sebagai antisipasi banjir di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakpus, Erizon mengatakan, sesuai arahan Wali Kota Jakarta Pusat, Sudinkes akan menyiagakan petugas kesehatan di tiap titik lokasi pengungsian.

Dia menegaskan, petugas kesehatan harus hadir di tengah masyarakat selama mereka berada di pengungsian. "Jadi di setiap titik pegungsian petugas kesehatan harus hadir," ungkapnya, saat dikonfirmasi, Jumat (6/11/2020).

Sudinkes sudah mempunyai punya protap (prosedur tetap) tentang jumlah tenaga kesehatan yang diturunkan. Jika jumlah pengungsi banyak maka petugas harus statis. Namun, bila jumlahnya memungkinkan untuk mobile, maka petugas akan mobile.

Baca juga: Berikut Lokasi Rawan Banjir di Tambora Jakarta Barat

"Sekarang ini kan situasi pandemi, kita akan membatasi jumlah pengungsi di pengungsian untuk protokol kesehatan. Jadi kemungkinan pengungsi dan petugas medis akan diarahkan agar tidak banyak. Tapi secara teknis nanti akan kita atur," tegasnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini