Waduh, Limbah Medis yang Berserakan di Bekasi Bekas Penanganan Covid-19

Wisnu Yusep, Okezone · Jum'at 06 November 2020 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 06 338 2305539 waduh-limbah-medis-yang-berserakan-di-bekasi-bekas-penanganan-covid-19-2fLGw8X6sa.JPG Limbah Covid-19 berserakan di Jalanan Bekasi (Foto: Okezone/Wisnu)

BEKASI – Limbah medis yang berserakan di Desa Sikaindah, Sukatani, Cabangbungin, Kabupaten Bekasi merupakan bekas penanganan medis virus corona atau Covid-19.

"Hari Kamis sorenya tim dari puskesmas turun dan Jumat-nya Dinkes dan DLH dikawal polisi melakukan investigasi di lapangan, ternyata isi dari kantung itu adalah limbah medis yang berasal dari hasil pemeriksaan Covid-19," ungkap juru bicara gugus tugas penanganan pecepatan Covid-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah kepada wartawan, Jumat (6/11/2020).

Alamsyah mengatakan, temuan limbah medis itu pertama kali dilaporkan pada Kamis 29 Oktober 2020. Limbah medis itu diduga secara sengaja dibuang oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

"Ya saya sampaikan pada Kamis (29/10/2020) ada laporan masyarakat Kecamatan Sukakarya, ada orang yang secara sengaja membuang limbah medis dengan menggunakan kantong plastik," beber dia.

Hal itu, lanjut dia, berdasarkan laporan salah satu saksi yang melihat orang secara sengaja membuang sampah limbah medis di pinggir jalan. Saat ini, lanjut dia, kasus pembuangan limbah medis tengah ditangani pihak kepolisian.

Baca Juga: Limbah Medis Berserakan di Jalan Bekasi Bikin Heboh Warga

"Saksi mata di lapangan tiba bisa melihat siapa yang membuang. Sekarang kasus tersebut ditangani polisi terkait dengan siapa, kita masih menunggu hasil dari aparat kepolisian," ucap dia.

Terlebih lagi, lanjut Alamsyah, limbah medis itu tertera salah satu klinik, sehingga pihaknya bersama dengan petugas kepolisian tengah berkoordinasi menyelidiki temuan limbaj medis bekas Covid-19 itu.

"Jadi kebetulan di dalam kantung itu juga ada selebaran yang itu menerangkan ada tertulis salah satu klinik di Jababeka. Tapi kami tidak mau mendahului karena ini sedang ditangani kepolisian kita tunggu saja hasilnya seperti apa," beber dia.

Sementara ketika disinggung apakah ada sanksi bila salah satu klinik yang membuang limbah medis secara sengaja di tengah jalan, Alamsyah memastikan pihaknya mengacu pada Undang-undang Lingkungan Hidup.

"Iya ini karena terkait UU Lingkungan hidup pastinya ada sanksi, juga diatur dalan Permen LH juga dalan Dinkes akan ada sanksi bisa itu administrasi pencabutan izin dan sebagainya," imbuh Alamsyah.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini