Komnas PA Minta Polres Jakbar Usut Eksploitasi Anak di Tambora

Mohamad Yan Yusuf, Sindonews · Rabu 11 November 2020 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 11 338 2307937 komnas-pa-minta-polres-jakbar-usut-eksploitasi-anak-di-tambora-fAStvJe61C.jpg Foto: Illustrasi Sindonews

JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Komnas Perlindungan Anak (PA), Dhanang Sasongko mengapresiasi Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Roa Malaka, Tambora.

Menurut Dhanang, tanpa perhatian dan kepekaan petugas, tiga bocah korban eksploitasi tak mungkin diselamatkan.

“Kami akan berikan penghargaan kepadanya, beritanya sudah saya baca. Dan kami merasa harus memberikan apresiasi hormat kepada petugas itu,” kata Dhanang Sasongko, Rabu (11/11/2020).

Sebelumnya, tiga bocah yang mengaku asal Kemayoran, Jakarta Pusat diselamatkan oleh petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Roa Malaka, Tambora, Jakarta Barat. Mereka diketahui menjadi korban eksploitasi.

Baca juga: Petugas PPSU Selamatkan 3 Bocah Korban Eksploitasi di Jakbar 

Dhanang menjelaskan, apa yang dilakukan PPSU menunjukan masih ada masyarakat yang peduli. Karena perhatiannya, tiga anak itu bisa diselamatkan.

Berkaca dari kejadian ini, Dhanang meminta Polisi menindak, dengan kapabilitas Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat yang kerap mengungkap kasus kekerasan dan prostitusi anak, serta kejahatan jalanan lainnya, bukan hal yang mudah bagi Polisi membongkar kejadian di Roa Malaka.

“Kalau polisi bisa ungkap, ini mengultimatum penjahat dan pelaku lainnya,” tegas Dhanang.

Saat ini masih banyak eksploitasi anak yang terjadi di Jakarta. Satu per satu anak dipekerjakan paksa oleh sejumlah remaja dan orang tua. Mulai dari di suruh mengamen, mengemis, mencuri, hingga kurir narkoba.

“Makanya kita dorong, tindak pelaku. Jika memang ada peran orang tua, penjarakan saja orang tuanya,” tutup Dhanang.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini