Ribuan Massa Sambut Habib Rizieq di Petamburan, Petugas Akan Tracing Covid-19

Komaruddin Bagja, Sindonews · Rabu 11 November 2020 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 11 338 2307961 ribuan-massa-sambut-habib-rizieq-di-petamburan-petugas-akan-tracing-covid-19-MEdiJmB6jT.jpg Pimpinan FPI, Habib Rizieq saat tiba di Petamburan, Jakpus (foto: Sindo/Isra)

JAKARTA - Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Pusat akan melakukan tracing atau pelacakan kepada warga yang terlibat dalam penyambutan Habib Rizieq Shihab di Pertamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Selasa 10 November 2020 kemarin.

Kasudin Kesehatan Jakarta Pusat, Erizon mengatakan, kegiatan tracing ini dilakukan oleh Puskesmas wilayah Pertamburan. Alasan pihaknya menggelar tracing lantaran terjadi pelangaran protokol kesehatan yakni kerumunan massa.

"Itu kan wilayah yah, kalau ada kasus tanggung jawabnya Puskesmas melakukan pemantauan," kata Erizon saat dihubungi, Rabu (11/11/2020).

Baca juga:

Polisi Akui Kesulitan Imbau Protokol Covid-19 ke Massa saat Habib Rizieq Datang   


Kegiatan tracing, lanjut Erizon, tak hanya dilakukan setelah adanya acara penyambutan Habib Rizieq Shihab. Namun, setiap acara yang terjadi kerumunan juga akan dilakukan tracing.

"Enggak harus ke masalah Rizieq-nya, semua kegiatan-kegiatan yang melibatkan massa banyak dan beresiko dan disinyalir terjadi indikasi infeksi, pasti kami tracing. Bukan cuma kasus ini aja. Semuanya kemarin yang kasus demo juga ya tiap ada laporan kasus kita tracing," jelasnya.

Erizon menjelaskan, masyarakat yang merasa berada dalam kerumunan dapat melaporkan kepada Puskesmas Petamburan. Menurutnya, tracing merupakan langkah awal antisipasi penyebaran Covid-19.

"Tracing memang terus dilakukan, karena memang sudah menjadi sesuatu tugas utama," tutup Erizon.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini