Puspomad Limpahkan Berkas 14 Tersangka Penyerang Polsek Ciracas ke Oditur Militer

Riezky Maulana, iNews · Kamis 12 November 2020 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 338 2308442 puspomad-limpahkan-berkas-14-tersangka-penyerang-polsek-ciracas-ke-oditur-militer-EfUsGGqPob.jpg Foto: iNews/Riezky

JAKARTA - Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Puspomad) menyebut, pihaknya telah melimpahkan berkas perkara penyidikan 67 oknum TNI yang menjadi tersangka terkait kasus penyerangan dan pengerusakan Mapolsek Ciracas dan wilayah Jakarta Timur. Kejadian pengerusakan dan penyerangan terjadi pada Sabtu 29 Agustus 2020 dini hari.

Komandan Puspomad Letjen TNI Dodik Wijanarko menuturkan, total berkas perkara berjumlah 21, akan tetapi baru 14 yang telah diselesaikan oleh tim penyidik. Berkas perkara dilimpahkan ke Oditur Militer II-07 Jakarta.

"Berkas perkara yang selesai dan telah dilimpahkan ke oditur Militer II- 07 Jakarta sebanyak 14 berkas perkara," ujar Dodik dalam konferensi pers di Mapuspomad, Jalan Medan Merdeka Timur, Kamis (12/11/2020).

Baca juga:

Kasus Penyerangan Polsek Ciracas, Danpuspomad: 67 Orang Jadi Tersangka   

Lebih lanjut Dodik menjelaskan, tujuh berkas perkara tersisa masih dalam proses penyelesaian. Dia berharap, hari Kamis pekan depan, 19 November 2020 berkas perkara tersebut dapat rampung dan diserahkan ke Oditur Militer II-07 Jakarta.

"Saat ini penyidik sedang melengkapi dan menyelesaikan 7 berkas perkara lainnya dari total 21 berkas perkara, yang disusun berdasarkan ke ankuman dan kepaperaan, diharapkan pada Kamis tanggal 19 November 2020 seluruhnya selesai dan akan dikirim ke Oditur Militer II-07 Jakarta," ujarnya

Dia memastikan, meskipun 67 orang telah ditetapkan sebagai tersangka, pihaknya tak menutup kemungkinan jumlah tersangka bertambah. Menurutnya, hal itu sehubungan dengan di dalam persidangan ditemukan bukti atau fakta yang baru.

"Penyidik akan tetap menindaklanjuti apabila nanti didalam proses persidangan di peradilan militer ditemukan bukti, fakta maupun tersangka baru," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Puspomad telah menetapkan 67 oknum TNI AD sebagai tersangka terkait kasus pengerusakan dan penyerangan Mapolsek Ciracas. Para tersangka yang ditetapkan dari berbagai satuan, lebih tepatnya 25.

"Berdasarkan keterangan saksi dan alat bukti yang ada, 67 orang terdiri dari 25 satuan di jajaran TNI dan TNI AD telah ditetapkan statusnya sebagai tersangka dan dilakukan penahanan," kata Danpuspomad Letjen TNI Dodik Wijanarko.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini