Sebelum Dibuang, Janin Bayi dalam Kardus di Bogor Sempat 2 Hari Disimpan

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Kamis 12 November 2020 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 338 2308720 sebelum-dibuang-janin-bayi-dalam-kardus-di-bogor-sempat-2-hari-disimpan-76iZd8bcM1.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

BOGOR - Seorang wanita berinisial ES (33) ditangkap polisi lantaran tega melakukan aborsi terhadap janinnya dan dibuang di Perumahan PDK, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. Sebelum dibuang, janin berusia 6 bulan itu sempat disimpan di kamarnya. 

"Begitu lahir disimpan di kamarnya selama 2 hari baru dibuang hari Selasa malam, ketemunya pagi (Rabu) oleh anak-anak," kata Kapolsek Bogor Utara Kompol Ilot Juanda, kepada wartawan, Kamis (12/11/2020).

BACA JUGA: Terekam CCTV, Ibu Pembuang Janin Dalam Kardus Berhasil Ditangkap 

Saat aborsi, pelaku mengaku melakukannya di dalam kamar mandi rumahnya tanpa bantuan orang lain. Meski begitu, polisi masih mendalami keterangan pelaku termasuk apakah dengan obat atau lainnya.

"Informasi dia mules-mules mungkin karena udah tahu bahwa dia hamil, dengan apakah cara dipaksa atau menggugurkan kita masih dalami," jelasnya.

Yang pasti, untuk motifnya pelaku merasa malu dan tidak ingin diketahui orang lain karena anak yang dikandungnya hasil hubungan di luar nikah dengan sang pacar berinisial HR. Polisi kini masih melakukan penyelidikan lebih lanjut dan memburu pacar pelaku.

BACA JUGA: Mayat Bayi Dalam Kardus Gegerkan Warga Bogor

"Karena ini berbentuk janin yang masih bentuk bayi yang belum lengkap dari pada organ-organ tubuh bayi, sementara ini dikenakan dulu UU Kesehatan Nomor 36 Pasal 197 ancaman 10 tahun," tutup Ilot.

Sebelumnya, warga Perumahan PDK, Kelurahan Ciparigi, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor digegerkan dengan temuan janin bayi dalam kardus pada Rabu 11 November 2020. Janin tersebut diduga hasil aborsi diperkirakan usia kandungan 6 bulan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini