860 Kg Masker Bekas Dimusnahkan Pemprov DKI

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Jum'at 13 November 2020 14:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 338 2309023 860-kg-masker-bekas-dimusnahkan-pemprov-dki-JXzmFx3Ep6.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA – Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta telah memusnahkan 860 kilogram masker sekali pakai bekas dari rumah tangga selama masa pandemi virus corona (Covid-19).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih mengatakan, penggunaan masker sekali pakai terbilang tinggi dan termasuk dalam limbah infeksius di masa pandemi ini.

"Hal ini dibuktikan dengan banyaknya masker bekas sekali pakai yang terbuang bersama sampah rumah tangga. Untuk memutus rantai penularan Covid-19 lebih jauh lagi, masker-masker limbah rumah tangga tersebut kami tangani," ungkap Andono melalui keterangan tertulis, Jumat (13/11/2020).

Andono menjelaskan, petugas kebersihan memilah dan mengumpulkan limbah infeksius dari rumah tangga, seperti masker bekas untuk ditangani dengan semestinya.

Andono menambahkan, petugas yang melakukan penanganan sampah masker bekas sekali pakai ini menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

Baca Juga : 13 Jamaah Umrah Positif Covid-19, Kemenag Lakukan Evaluasi

"Karena masker ini termasuk limbah infeksius, Dinas LH bekerja sama dengan pihak Pengolah Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) untuk pemusnahannya dengan cara diinsinerasi," kata Andono.

Baca Juga : 83 Karyawan Terpapar Covid-19, Bank BJB Banten Lockdown

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini