Polisi Ungkap Motif Pelaku Tusuk Pendukung Paslon di Pilwalkot Makassar

Helmi Syarif, Koran SI · Jum'at 13 November 2020 20:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 338 2309261 polisi-ungkap-motif-pelaku-tusuk-pendukung-paslon-di-pilwalkot-makassar-5MDMUFVb4b.jpg Polda Metro Jaya rilis pengungkapan penusukan terhadap salah satu pendukung paslon Pilwalkot Makassar, Jumat (13/11/2020). (Foto : Sindonews/Helmi Syarif)

JAKARTA – Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap lima dari tujuh pelaku penusukan terhadap seorang pendukung pasangan calon di Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar di Jakarta. Kasus tersebut dilatarbelakangi rasa kesal pelaku terhadap korban yang disebut memiliki video yang dapat menjelekkan kelompok tertentu.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Tubagus Ade Hidayat mengatakan, rentetan kasus ini bermula dari wilayah Makassar. Korban kala itu merekam sebuah video yang isinya menjelekkan suatu kelompok tertentu dan menyinggung pelaku.

"Kegiatan ini rangkaian kegiatan di Makassar sana. Korban awalnya melakukan merekam video yang dianggap video itu melecehkan kepada seseorang. Dampak video itu menimbulkan kemarahan yang lain," kata Kombes Tubagus dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (13/11/2020).

Tubagus tidak menjelaskan secara rinci video tersebut. Dia hanya menyebut video tersebut menyinggung kelompok dari para pelaku itu.

"Intinya saja dianggap jelekkan salah satu paslon pada pelaksanaan pilkada di Makasaar. Kita tidak terkait urusan pilkadanya, tapi pidananya ada di Jakarta," ucap Tubagus.

Dari video tersebut, para tersangka mulai merencanakan aksi penusukan. Salah satu tersangka pun menghubungi rekan-rekannya yang berada di Jakarta untuk menikam korban karena mereka mengetahui jika korban sedang berada di Jakarta.

Baca Juga : Polisi Usut Penikaman Pendukung Paslon Wali Kota Makassar di Palmerah

"Dampak video itu menimbulkan kemarahan yang lain. Kemudian ada kegiatan, ada momentum debat di salah satu stasiun TV di Jakarta dan momen ini dilaksanakan penusukan," kata Tubagus.

Sebagaimana diketahui, insiden penusukan itu terjadi pada Sabtu (7/11/2020) malam saat korban hendak mengikuti acara debat Pilwalkot Makassar disalah satu stasiun TV swasta di Palmerah, Jakarta Pusat. Korban ditusuk orang tidak dikenal saat itu.

Baca Juga : Penusuk Tim Sukses Calon Wali Kota Makassar Ditangkap

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini