Antisipasi Banjir, Sudin Pertamanan & Hutan Utamakan Relokasi Pohon

Komaruddin Bagja, Sindonews · Sabtu 14 November 2020 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 14 338 2309606 antisipasi-banjir-sudin-pertamanan-hutan-utamakan-relokasi-pohon-ro6VGRiIsR.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

JAKARTA - Suku Dinas (Sudin) Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat mengutamakan relokasi pohon, dibanding penebangan untuk mendukung kegiatan antisipasi banjir di wilayah Jakarta Pusat.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakpus, Mila Ananda mengatakan, dalam pelaksanaan kegiatan antisipasi banjir di enam titik prioritas Jakarta Pusat, Sudin Pertamanan dan Hutan Kota mendapatkan tugas melakukan evakuasi pohon disekitar lokasi. Karena ada sebagian pohon di enam lokasi itu menjadi tempat untuk membuat kolam olakan maupun perbaikan saluran.

"Jadi kita bantu untuk evakuasi pohon, untuk pembuatan kolam olakan atau perbaikan saluran," ujar Mila kepada wartawan, Sabtu (14/11/2020).

Baca juga:

Bersihkan Saluran Air di Benhil, Petugas Angkut Lumpur hingga 5.000 Karung   

Jalur Utama Menuju Kawasan Wisata Garut Selatan Diterjang Banjir

Cegah Banjir, Pemprov DKI Tergetkan Buat 5 Ribu Sumur Resapan   

Meski harus mengevakuasi pohon yang ada, Mila menegaskan, akan mengutamakan relokasi pohon dibanding melakukan penebangan. Namun, jika tidak ada jalan lain, barulah ia melakukan penebangan.

"Sebisa mungkin kita upayakan relokasi, jika bisa direlokasi. Tapi jika harus ditebang, kami tebang," tegasnya.

Mila melanjutkan, jika pohon yang ada direlokasi maka pohon tersebut akan ditaruh di lokasi penampungan untuk disehatkan terlebih dahulu sambil menunggu lokasi untuk dipindahkan.

"Kita sehatkan dulu di penampungan, kalau ada lokasi yang butuh pohon bisa dipindahkan ke situ," tutupnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini