Sampah 100 Ton Menumpuk di Kolong Tol Jakarta-Cikampek hingga Menyerupai Daratan

Didit Junaidi, iNews · Senin 16 November 2020 10:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 16 338 2310223 sampah-100-ton-menumpuk-di-kolong-tol-jakarta-cikampek-hingga-menyerupai-daratan-IhPs8Gee5w.jpg Sampah yang diperkirakan sebanyak 100 ton menumpuk di aliran Kali Jambe, Jatimulya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, tepatnya di kolong Tol Jakarta-Cikampek. (Foto : iNews/Didit Junaidi)

BEKASI – Diduga terbawa arus deras sungai, ratusan ton sampah dari berbagai jenis menumpuk di kolong Tol Jakarta-Cikampek di aliran Kali Jambe, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Ironisnya sampah yang diperkirakan sebanyak 100 ton itu membentang sejauh lebih dari 500 meter hingga menyerupai daratan.

Camat Tambun Selatan, Djunaefi, mengatakan sampah yang menumpuk di bawah kolong Tol Jakarta-Cikampek di sepanjang aliran Kali Jambe, Kelurahan Jati Mulya, tersebut terdiri atas sampah organik, plastik, maupun endapan lumpur.

Selain sampah plastik, limbah rumah tangga turut mendominasi dan memicu bau tak sedap. Ironisnya sampah-sampah tersebut seperti menyerupai daratan.

Lautan sampah di atas aliran Kali Jambe diketahui selain dipicu akibat sampah kiriman, diduga kuat beragam jenis limbah tersebut berasal akibat sengaja dibuang oknum warga yang tidak bertanggung jawab.

Sementara guna mengurangi tumpukan sampah, Pemkab Bekasi mulai membersihkan dari dasar sungai dengan menggunakan alat berat. Sebanyak 100 petugas diterjunkan untuk mengangkut sisa sampah yang menumpuk.

Sampah menumpuk di aliran Kali Jambe, Jatimulya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, tepatnya di kolong Tol Jakarta-Cikampek, Senin (16/11/2020). (Foto : iNews/Didit Junaidi)

Petugas memastikan volume sampah di kolong Tol Jakarta-Cikampek di aliran Kali Jambe lebih dari 100 ton limbah rumah tangga. Petugas menargetkan dalam dua hari ke depan sampah bisa terangkut penuh.

“Ini mungkin sekitar 100 ton,” ucapnya, Senin (16/11/2020).

Djunaefi menyebut, nantinya sampah yang berhasil diangkat langsung dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir sampah Burangkeng.

Baca Juga : Viral di Medsos, Mobil Boks Buang Sampah di Kalimalang

Pihaknya pun mengimbau masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan ke kali.

Baca Juga : 100 Karung Sampah Ditemukan di Sungai Ciliwung, Mayoritas Berisi Styrofoam

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini