Share

Pemprov DKI Ajak Pramuka dalam Program Pengelolaan Sampah

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Senin 16 November 2020 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 16 338 2310353 pemprov-dki-ajak-pramuka-dalam-program-pengelolaan-sampah-Wa3mHnXfa9.jpg Ilustrasi (Dok. okezone)

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta melalui Bank DKI terus mendorong warga dan berbagai komunitas untuk peduli lingkungan Ibu Kota. Bank DKI menggandeng Pramuka Kwartir Jakarta Selatan, Pemkot Jakarta Selatan, serta Mountrash Avatar Indonesia meluncurkan komunitas JakOne Artri guna mengajak warga peduli lingkungan.

Wakil Walikota Jakarta Selatan Isnawa Adji mengatakan, kolaborasi ini dapat membantu penanganan lingkungan hidup di Jakarta Selatan dengan membentuk karakter generasi muda yang lebih peduli lingkungan Ibu Kota.

"Program ini tidak menutup kemungkinan bisa dicontoh di daerah lainnya," ujar Isnawa dalam keterangannya, Senin (16/11/2020).

Sekretaris Bank DKI, Herry Djufraini menambahkan, anggota Pramuka diharapkan dapat meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan melalui pengelolaan sampah dengan Reduce, Reuse, dan Recycle (R3).

"Organisasi Pramuka ini kan diikuti oleh generasi muda yang nantinya kita harapkan bisa semakin peduli terhadap lingkungan. Kalau mereka konsisten (menabung sampah), tentunya bisa menambah penghasilan mereka," ujar Herry.

Kegiatan komunitas JakOne Artri diawali dengan memilah sampah seperti botol, gelas plastik, kertas dan lainnya. Kemudian, sampah yang masih bernilai itu dibawa ke tempat pengepul sampah dan didata sesuai kategori menggunakan aplikasi JakOne Artri.

"Setelah didata warga akan mendapatkan uang hasil penjualan sampah secara non-tunai melalui aplikasi JakOne Artri.

Setelah sampah terkumpul, pengepul sampah akan mengirim notifikasi atau meminta pihak pengusaha sampah untuk mengambil sampah tersebut," lanjut Harry.

Ia menambahkan, terbentuknya komunitas JakOne Artri ini memberikan tiga manfaat bagi masyarakat, yakni menjadi sumber penghasilan tambahan, menerapkan gaya hidup ramah lingkungan, serta upaya menjaga kelestarian bumi secara modern.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini