Crosing Saluran Air Kembangan, Ring Road Cengkareng Macet Parah

Mohamad Yan Yusuf, Sindonews · Senin 23 November 2020 12:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 338 2314401 crosing-saluran-air-kembangan-ring-road-cengkareng-macet-parah-mEgjvXdbjE.jpg Kemacetan di Ring Road Cengkareng (foto: Sindo/Yusuf)

JAKARTA - Pembangunan crosing di kawasan Kembangan, Jakarta Barat membuat lalu lintas ring road cengkareng macet sepanjang 5 kilometer. Imbasnya waktu tempuh disana bertambah.

Kemacetan di kawasan itu menjalar lantaran adanya pembangunan crosing saluran air di ujung Ring Road yang masuk wilayah kembangan, dekat persimpangan menuju karang tengah, Ciledug.

Disana, lajur jalur yang semestinya tiga menjadi satu karena alat berat yang terparkir hingga menutupi dua badan jalan. Kendaraan harus mengantri untuk melintas lantaran imbas dari bottle neck.

“Sudah dari kemarin,” kata Dul (28), pengendara yang melintas di kawasan itu, Senin (23/11/2020).

 Macet

Jalanan ring road sendiri biasanya tak pernah macet sejak penerapan PSBB di berlakukan di Jakarta akhir Maret 2020 lalu. Volume kendaraan yang berkurang, membuat lalu lintas di sana agak renggang.

Disisi lain meski lokasinya berdekatan dengan pos polisi unit lantas wil Kembangan. Namun hingga siang tadi, polisi nyaris tak terlihat di kawasan itu. Termasuk anggota Sudinhub yang ada di lokasi. Mereka tak terlihat melakukan pengaturan lalin mengatur kemacetan disana.

Pengaturan lalin justru dilakukan warga sekitar. Mereka kemudian mengalihkan alur kendaraan 200 meter sebelum proyek crossing. Sebagian pengendara kemudian dialihkan masuk ke kawasan rawa buaya demi mengatur volume kendaraan.

“Kalo engga begitu, bisa macet lama,” tutur Mustofa, seorang pak ogah.

Saat Sindo menjajal jalanan itu, Sindo yang menggunakan sepeda motor hanya mampu melintas dengan kecepatan 10 km per jam. Imbasnya waktu tempuh seharusnya kurang 5 menit menjadi 45 menit.

Kasudis SDA Jakarta Barat, Purwanti Suryandari membenarkan proyek itu. Ia tak menampik pembangunan dilakukan untuk mengatasi banjir ring road yang kerap terjadi saat hujan datang.

“Proyek pembangunannya harusnya 15 desember. Tapi karena crosing kita harapkan lima hari kerja,” tutup Purwanti yang mengatakan proyek dimulai sejak hari Sabtu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini