Warga Petamburan yang Menolak Tes Swab Akan Didenda Rp5 Juta

Helmi Syarif, Koran SI · Senin 23 November 2020 14:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 338 2314513 warga-petamburan-yang-menolak-tes-swab-akan-didenda-rp5-juta-le04TvRuV7.jpg Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Foto: Okezone)

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mengenakan denda kepada siapa pun yang menolak tes swab Covid-19 di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria mengatakan, sesuai dengan Perda Nomor 2 Tahun 2020 mengenai penanggulangan Covid-19, disebutkan tidak boleh menolak baik itu swab maupun pemberian vaksin. Bila menolak, maka akan dikenakan denda.

“Itu ada aturan dendanya, maksimal Rp5 juta bila dengan kekerasan bisa Rp7 juta dendanya,” katanya di Polda Metro Jaya, Senin (23/11/2020).

Baca Juga: Pemkab Bogor Sebut Kasus Kekerasan Anak Meningkat Selama Pandemi Covid-19

Dia menegaskan, pihaknya Bersama Dinas Kesehatan akan terus berupaya bagaimana seluruh masyarakat yang ada dalam kerumunan dan berpotensi baik itu yang ada gejala atau tidak. “Kalau ada potensi terpapar dan sebagainya kita minta di tes swab,” tegasnya.

Menurutnya, tes swab bisa dilakukan oleh siapa saja baik dari Polda Metro Jaya, TNI dan semua pihak yang akan membantu. Namun, pihaknya juga telah menyiapkan di Puskesmas, RSUD dan lainnya. Bahkan, bila ingin dilakukan secara mandiri pihaknya uga siap membantunya.

“Intinya swab ini untuk melindungin masyarakat dan keluarga serta lingkngan sekitar,” tukasnya.

Seperti diketahui, pihak Polda Metro Jaya telah menurunkan tim guna melakukan tes swab di Petamburan. Namun, banyak warga yang menolak dilakukan tes swab dengan berbabagi alasan.

Baca Juga: Cost Operasional Tinggi, Mobil Ambulans Desa Ogah Angkut Pasien Covid-19 

Diharapkan seluruh pihak melakukan tes swab mengingat sudah ada 80 orang dari klaster tersebut dinyatakan positif Covid-19. Tes swab dilakukan menyusul terjadinya kerumunan dalam kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan putri Habib Rizieq Shihab.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini