Viral Video Jenazah Diangkut Pakai Motor di Bogor, Polisi Ungkap Fakta Sebenarnya!

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Senin 23 November 2020 16:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 338 2314616 viral-video-jenazah-diangkut-pakai-motor-di-bogor-polisi-ungkap-fakta-sebenarnya-AZxnUFH9a6.jpg (Foto: Tangkapan layar video viral)

BOGOR - Beredar video viral pengendara motor yang berboncengan sambil membawa jenazah dibungkus kain jarik, di wilayah Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

Kapolsek Citeureup Kompol Ricky Wowor membenarkan video tersebut. Kejadian itu berawal saat ada seorang anak yang mengalami panas sehingga dibawa orangtuanya ke rumah sakit.

"Itu kejadian sudah dari hari Jumat sakit, anak itu dibawa ke rumah sakit oleh orangtuanya kemudian dinyatakan panas. Dibawa balik (ke rumah)," kata Ricky, dikonfirmasi wartawan, Senin (23/11/2020).

Pada Minggu 22 November 2020, anak itu kembali dibawa ke rumah sakit yang sama. Namun, setibanya di rumah sakit sudah dinyatakan meninggal dunia. 

"Hari Minggu datang lagi ke rumah sakit yang sama. Sebelum dibawa ke sana (rumah sakit) dari rumah itu sudah meninggal, jadi sampai di rumah sakit sudah dinyatakan meninggal dunia," jelas Ricky.

Merasa tak percaya, orangtua membawa anaknya itu ke sebuah klinik untuk memastikan kondisinya. Akan tetapi, pihak klinik juga menyatakan bahwa kondisi anaknya sudah meninggal dunia.

"Lalu dibawa lagi sama ibunya (karena) enggak yakin dibawa lagi ke klinik. Di sana kemudian memang dinyatakan meninggal," tambahnya. 

Dari klinik tersebut, akhirnya orangtua sang anak kembali ke rumahnya dengan menaiki motor. Sebelumnya, pihak klinik sudah menyatakan tidak mempunyai mobil untuk mengantar jenazah.

"Setelah dinyatakan (meninggal) klinik menyatakan tidak ada mobil jenazah, kalau mobil orang sakit ada," ucap Ricky.

Baca juga: Viral Warga Bawa Jenazah Dibungkus Kain Jarik Pakai Motor di Bogor

Dalam perjalanan pulang itulah ada pengendara motor yang tidak dikenal merekam dari belakang. Perekam tersebut memberikan keterangan tidak valid dan diposting ke media sosial. 

"Di perjalanan diikuti motor dari belakang tidak dikenal siapa main ambil gambar diposting bikin statmen sendiri kirim ke medsos. Kurang lebihnya isinya seperti menghujat rumah sakit," bebernya.

Dari situlah, polisi langsung mencari keterangan saksi-saksi termasuk ke pihak keluarga untuk memastikan kebenaran video tersebut. Didapati, ucapan dari perekam sama sekali tidak benar.

"Makanya, kita coba klarifikasi datangi ke TKP tadi pagi, tanya ini siapa. Enggak kenal pak, saya engak kenal (jawab warga). Jadi kan kita mesti waspada orangnya covid apa enggak. Jadi kita cepat-cepat ambil keterangan orang itu supaya dapatkan hasilnya," jelas Ricky. 

Dalam kejadian ini, pihaknya meminta agar masyarakat tidak mudah mengambil gambar apalagi menyampaikan sesuatu yang belum diketahui pasti kebenarannya. Karena, hal itu bisa merugikan semua pihak.

"Ini pembelajaran lah buat kita masyarakat, jangan asal ambil gambar tanpa tahu ini siapa, buka statemen sendiri kirim ke medsos. Jangan mudah mengambil gambar, yang belum tahu kebenarannya seperti apa," tutupnya.

Sebelumnya, warga Kabupaten Bogor dihebohkan dengan beredarnya video viral pengendara motor berboncengan sambil menggendong jenazah. Dikabarkan, peristiwa tersebut terjadi di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. 

Video tersebut diunggah oleh akun instagram @kontributorbogortimur pada Senin (23/11/2020) siang. Dalam video itu, terlihat seorang pria yang memangku jenazah yang telah dibungkus kain jarik sambil berboncengan menggunakan sepeda motor.

Dalam tayangan video yang beredar, warga yang merekam kejadian tersebut tampak resah dan menyayangkan hal yang dia saksikan sendiri.

"Ya Allah ya Rab, masih ada yang bawa mayat pakai motor. Ya Allah ya Rab di mana otak rumah sakitnya," ujar pria yang merekam video tesebut. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini