Dandim Jaksel Pastikan Jalan Protokol Bersih dari Baliho Habib Rizieq

Erfan Maaruf, iNews · Senin 23 November 2020 20:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 338 2314793 dandim-jaksel-pastikan-jalan-protokol-bersih-dari-baliho-habib-rizieq-sgXmsWXkWb.jpg (Foto: Dok Koran Sindo)

JAKARTA - Komandan Kodim 0504 Jakarta Selatan Kolonel Inf Ucu Yustiana memastikan seluruh jalan-jalan protokol di wilayah Jakarta Selatan telah bersih dari baliho bergambar Habib Rizieq Shihab.  

"Di jalan-jalan protokol diyakinkan sudah bersih (dari baliho)," kata Ucu saat ditemui di Gelanggang Remaja Tebet, Jakarta Selatan, Senin (23/11/2020). 

Dia menyebut, pembersihan baliho dilakukan bersama satuan pamong praja (Satol PP) dan Polres Jakarta Selatan. Meski begitu, Ucu mengaku belum dapat memastikan kalau masih ada baliho liar di lingkungan permukiman warga yang belum diturunkan. 

"Kalau yang sampai ke jalan di dalam saya belum tahu. Ya paling kalau ada laporan dari warga kita lempar ke Satpol PP, nanti (penindakan) sama-sama tiga pilar," ujar dia. 

Selama penertiban baliho liar, sambungnya, petugas tidak mendapat penolakan keras dari warga sekitar, seperti yang terjadi di Petamburan Jakarta Pusat. Dia menyebut hanya ada sedikit adu argumentasi dengan masyarakat yang menolak. 

Baca juga: Tebet Jadi Klaster Covid-19 Usai Acara Habib Rizieq, Polisi Gelar Rapid Test Tiga Hari

"Kalau penolakan secara keras sih tidak. Tapi argumen memang masih ada, tapi begitu kita kasih penjelasan rata-rata menerima," tutur Ucu.

Dia menjelaskan, mayoritas baliho liar yang ada di jalan-jalan protokol diturunkan sendiri oleh warga setelah pihaknya memberikan imbauan.

"Kebanyakan sih di Selatan itu diturunkan sendiri oleh warga. Ya kita imbau agar mereka mau menurunkan," kata dia. 

Sebelumnya, sejumlah prajurit TNI sempat menurunkan baliho bergambar wajah Habib Rizieq Shihab di Jalan Minangkabau, Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (20/11/2020). 

Namun, baliho tersebut kembali dipasang oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. "Sebenarnya kalau total yang sudah diturunkan Satpol PP, kepolisian dan TNI di Jakarta Selatan sejak bulan lalu sudah puluhan. Tapi banyak dipasang lagi," pungkasnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini