Damkar Bogor Tangkap Ular Sanca 3,5 Meter Pemangsa Ayam Warga

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Selasa 24 November 2020 12:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 338 2315100 damkar-bogor-tangkap-ular-sanca-3-5-meter-pemangsa-ayam-warga-mm2aeo7sY4.jpg (Foto: Okezone.com/Putra R)

BOGOR - Seekor ular sanca sepanjang 3,5 meter di Kelurahan Sukaresmi, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, ditangkap petugas. Ular tersebut masuk ke pekarangan rumah warga hendak memangsa ayam ternak.

Pemilik rumah, Daud (45) mengatakan, ular tersebut ditemukan sekira pukul 05.00 WIB pagi, Selasa (24/11/2020). Awalnya, dirinya mendengar suara gaduh dari arah kandang ayam miliknya yang berada di belakang rumah.

"Waktu masih tidur, dengar ayam bersuara, saya keluar ngecek pakai senter. Kirain saya ada luwak, enggak tahunya ular besar," kata Daud, Selasa (24/11/2020).

(Foto: Putra R/Okezone)

Ketika itu, ular sudah melilit ayam jago miliknya hingga mati di dalam kandang. Karena khawatir ular akan masuk ke rumahnya, dirinya menghubungi petugas pemadam kebakaran meminta dievakuasi.

"Ular itu sudah melilit ayam, (ayam) sudah mati," jelasnya.

Baca juga: Ngeri... Ular Kobra Bersarang di Rumah Warga Bojonggede

Terpisah, Kabid Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bogor M. Ade Nugraha mengatakan anggotanya yang mendapat laporan itu langsung menuju lokasi temuan. Sekitar 15 menit, ular berhasil dievakuasi.

"Petugas ada 6 orang peralatan yang kami bawa tongkat berkait, karung dan sarung tangan. Ternyata ularnya itu sanca batik sekitar 3,5 meter," ucap Ade.

Setelah berhasil dievakuasi, ular dibawa ke Mako Damkar Sukasari. Ia mengimbau kepada warga jika menemukan ular di sekitar tempat tinggal agar tidak panik dan segera hubungi Damkar untuk evakuasi.

"Sebelum menghubungi Damkar jangan diapa-apakan ularnya, kalau misalkan tidak tahu ular itu berbisa atau tidak, kalau tidak memahami cara penanganan ular jangan di tangan sendiri berbahaya," ujar dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini