Pemprov DKI Gandeng Koopsau I untuk Wujudkan RTH sebagai Lahan Ketahanan Pangan

Komaruddin Bagja, Sindonews · Selasa 24 November 2020 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 338 2315398 pemprov-dki-gandeng-koopsau-i-untuk-wujudkan-rth-sebagai-lahan-ketahanan-pangan-dVYbNJBVOf.jpg Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (foto: Sindo)

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menggandeng Komando Operasi Angkatan Udara I (Koopsau I), terkait program untuk mewujudkan Ruang Terbuka Hijau (RTH), sebagai lahan yang berketahanan pangan.

Kolaborasi tersebut terwujud salah satunya melalui kegiatan penanaman 50 jenis bibit pohon di area lahan sekitar 20.000 hektar, serta penebaran 13.0000 bibit Ikan Nila (Merah dan Hitam) di area kolam seluas 800 meter².

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria yang hadir dalam acara penanaman pohon dan penebaran benih ikan di Markas Koopsau I, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur tersebut disambut oleh Panglima Koopsau I (Pangkoopsau I), Marsekal Muda TNI Ir. Tri Bowo Budi Santoso.

Baca juga:

 DKI Jakarta Kenalkan Sarana Pengelolaan Air Hujan, Seperti Apa?

Terima Penghargaan LKPP, Anies : Jangan Sampai yang Kecil Tertinggal Apalagi Tergilas

Pemprov DKI Ajak Pramuka dalam Program Pengelolaan Sampah

Ia mengatakan, bibit pohon dan ikan tersebut merupakan pemberian Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan (KPKP) Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Tentunya kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan disiplin di tengah masih berlangsungnya pandemi Covid-19. Selain itu juga meningkatkan rasa kecintaan kepada lingkungan yang asri, hijau dan udara yang sehat di wilayah Kota Jakarta," kata Ariza, Selasa (24/11/2020).

Politisi Partai Gerindra juga menjelaskan, kegiatan menjaga ketahanan pangan merupakan perilaku positif dalam mendukung keseimbangan dan kelestarian fungsi ekosistem, sebagai bagian dari kehidupan yang memberikan manfaat besar bagi kelangsungan hidup serta hasilnya akan dirasakan secara langsung oleh masyarakat.

Selain itu, kegiatan tersebut memiliki arti penting dalam upaya menumbuhkan dan meningkatkan kualitas, serta kuantitas ruang terbuka hijau di Jakarta, terutama dalam menghadapi fenomena alam pemanasan global.

"Memperhatikan kondisi tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berupaya memperbaiki kualitas lingkungan dan ketersediaan air tanah. Berbagai cara dikembangkan antara lain melaksanakan pembangunan berbasis lingkungan, perluasan RTH, memfungsikan sempadan sungai dan sempadan pantai menjadi kawasan perlindungan kota, memperbaiki, memperluas dan menambah situ/danau yang mengalami pendangkalan, serta ditingkatkannya pembuatan sumur-sumur resapan (biopori). Terlebih lagi dalam mengantisipasi terjadinya banjir dan persediaan air baku," tambahnya.

Pelaksanaan kegiatan tersebut diawali dengan senam bersama dan diakhiri dengan peresmian "Saung Inspirasi" yang terbuat dari bahan perahu nelayan bekas dan dimanfaatkan sebagai tempat interaksi di kawasan Makoopsau I tersebut. Terkait hal tersebut, Pangkoopsau I Marsekal Muda TNI, Ir. Tri Bowo Budi Santoso menambahkan Saung Inspirasi berguna sebagai sarana membahas masalah lingkungan, meningkatkan silaturahmi, komunikasi dan intensitas pertemuan antar warga. Tentunya fasilitas ini juga mendukung penerapan aturan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19.

"Kita sebelumnya mengapresasi Pemprov DKI Jakarta yang telah membantu kami dalam mewujudkan upaya pembudidayaan ikan. Sehingga ke depan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat di lingkungan ini. Sedangkan kegiatan penanaman berbagai jenis pohon, selain meningkatkan kualitas lingkungan hidup sekitarnya dan menjadi bagian dari paru-paru Kota Jakarta, juga menambah banyaknya pohon buah-buahan produktif, mendatangkan burung-burung, serta meningkatkan kualitas tanah," kata Tri Bowo Budi Santoso.

Sekadar informasi, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Jakarta Timur, Hendra Hidayat; Pelaksana Tugas (Plt) Kadis KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati bersama Kabid Pertanian Dinas KPKP, Mujiati, serta Kepala Staf Koopsau I, Marsekal Pertama TNI Ir. Tedy Rizalihadi S.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini