DPRD DKI Optimis Lahirkan Perda Berkualitas

Komaruddin Bagja, Sindonews · Jum'at 27 November 2020 08:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 338 2317094 dprd-dki-optimis-lahirkan-perda-berkualitas-iREA2Rpp6c.jpg Ilustrasi (Dok. Okezone)

JAKARTA - Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta mengesahkan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) 2021. Dengan begitu, para wakil rakyat Kebon Sirih optimis bisa lahirkan Perda yang berkualitas.

Sebanyak 28 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) ditetapkan menjadi Propemperda DKI Jakarta, yang akan dibahas tahun 2021 mendatang. Demikian disampaikan Wakil Ketua Bapemperda DPRD DKI Jakarta Dedi Supriadi.

Dedi menjelaskan, dari 28 Raperda tersebut, sebanyak 24 Raperda diprakarsai oleh Eksekutif, sedangkan 4 Raperda menjadi prakarsa DPRD.

"Raperda yang diprakarsai DPRD adalah Raperda tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan, Raperda tentang Kawasan Tanpa Rokok, Raperda tentang Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, serta Raperda tentang Rukun Tetangga dan Rukun Warga," ujar Dedi yang juga anggota Fraksi PKS ini, Jumat (27/11/2020).

Propemperda 2021 ini, dijelaskan Dedi, telah mengakomodir aspirasi dari berbagai elemen masyarakat di DKI serta usulan dari stakeholders terkait.

"Dengan masukan dan keterlibatan unsur ormas, akademisi, LSM dannlainnua diharapkan Propemerda yang dihasilkan representatif dan berkualitas," tutur anggota DPRD dari daerah pemilihan Jakatta Selatan ini.

Baca Juga : 377 Orang Dihukum Seumur Hidup Terkait Kudeta Erdogan, 25 di Antaranya Jenderal

Menurut Dedi, pelibatan masyarakat menjadi bagian yang sangat penting dalam penyusunan Raperda, agar tidak ada hak-hak masyarakat yang terabaikan.

"Prinsip lainnya adalah mengedepankan kepentingan umum, serta sesuai dengan prinsip keadilan dan equality before the law (persamaan kedudukan dihadapan hukum)," tutupnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini