Habib Rizieq Ternyata Sudah Tes Swab Diam-Diam, Pemkot Bogor Meradang

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Jum'at 27 November 2020 17:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 338 2317565 habib-rizieq-ternyata-sudah-tes-swab-diam-diam-pemkot-bogor-meradang-IpsZjFoREy.JPG Wali Kota Bogor, Bima Arya (Okezone/Putra)

BOGOR - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab rupanya telah menjalani tes swab covid-19 di RS Ummi Kota Bogor secara diam-diam. Tidak ada koordinasi dengan Pemerintah Kota Bogor dan Dinas Kesehatan terkait pelaksanaan tes swab.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dalam konferensi persnya di pelataran Balai Kota Bogor, Jumat (27/11/2020).

"Setelah Jumatan saya dapat informasi Habib telah dilakukan swab tes tanpa dikabari, tanpa mengabari kami. Kemudian saya komunikasi langsung dengan dr Andi (Dirut RS Ummi) dan disampaikan oleh beliau bahwa beliau pun tidak tau bahwa swab test dilakukan ketika pelaksanaan solat Jumat," kata Bima.

Setelah itu, Bima kembali mendapat informasi bahwasanya swab tes kepada Habib Rizieq dilakukan oleh tenaga medis dari MER-C. Kemudian, sampel swab juga dibawa ke laboratorium MER-C yang rupaya tidak terdaftar sebagai rujukan covid-19.

Baca Juga: Segera Diperiksa, Habib Rizieq Tersangka Pelanggaran UU Karantina Kesehatan?

"Kemudian kami mendapatkan keterangan bahwa yang melakukan swab dari MER-C dan hasilnya dikirim ke lab MER-C di Jakarta. Kami belum mendapatkan kepastian tentang siapa yang menyelenggarakan swab test ini. Artinya tidak ada dokumentasi, tidak ada data penyelenggaraan ini dan saya juga koordinasi dengan Satgas Jakarta menyampaikan keterangan bahwa lab MER-C ini juga tidak terdaftar sebagai lab PCR yang resmi," jelasnya.

Oleb karena itu, Bima menyayangkan kejadian ini kepada pihak rumah sakit yang tidak berkoordinasi dengan Pemkot Bogor dan Dinas Kesehatan terkait swab tes Habib Rizieq. Bima pun segera menerjunkan Satgas Covid-19 untuk melakukan tes swab ulang.

"Nah artinya sebagai Ketua Satgas yang sangat baik adalah dilakukan tes swab ulang kepada habib untuk memastikan bahwa semua sesuai aturan, sesuai dengan standar kesehatan. Tentu kita berharap semua Habib tidak dalam hal yang tidak baik, kita berharap Habib dalam keadaan sehat. Tapi untuk itu kan perlu dipastikan semua prosedurnya yang melakukan, juga labnya harus disepakati," tutup Bima.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini