Ketua Panitia Maulid Nabi FPI di Petamburan Mangkir Panggilan Polda Metro

Puteranegara Batubara, Okezone · Senin 30 November 2020 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 338 2319046 ketua-panitia-maulid-nabi-fpi-di-petamburan-mangkir-panggilan-polda-metro-QL7OseEwg5.jpg Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono (Foto: Okezone)

JAKARTA - Polda Metro Jaya mengagendakan melakukan pemeriksaan terhadap lima saksi dalam kasus dugaan pelanggaran kekarantinaan kesehatan di acara Maulid Nabi yang digelar Front Pembela Islam (FPI) dan pernikahan anak Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono mengungkapkan bahwa, dari lima saksi yang dipanggil, satu di antaranya yakni, Ketua Panitia Maulid Nabi Muhammad SAW FPI Haris Ubaidillah mangkir dari jadwal tersebut.

"Polda Metro Jaya hari ini panggil lima saksi mulai dari RT, RW, pelaksana harian Kapolsek Tanah Abang, Camat dan panitia yang di Petamburan. Dan konfirmasi terakhir dari Dirkrimum Polda Metro Jaya bahwasanya hanya 1 orang saja yang tak hadir yaitu panitia atas nama HAU," kata Awi dalam jumpa pers di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Senin (30/11/2020).

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Tokoh Publik Wajib Umumkan Hasil Tes Swab

Saat ini, kata Awi, penyidik masih terus melakukan pemeriksaan terhadap empat orang saksi yang hadir pada hari ini. Polisi dalam hal ini akan terus melakukan rangkaian pemeriksaan saksi.

"Kami sama-sama tunggu saksi lain empat orang telah lakukan pemeriksaan tentunya diperiksa tiap hari Polda Metro Jaya panggil baik itu sudah dilakukan klarifikasi maupun lainnya yang ketahui rasakan langsung di Petamburan," ujar Awi.

 

Polisi mulai melakukan penyelidikan adanya dugaan pelanggaran protokol kesehatan terkait dengan acara yang dihadiri Rizieq. Mulai di Jakarta hingga Jawa Barat atau Megamendung, Bogor.

Terbaru, aparat kepolisian dalam hal ini Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat resmi meningkatkan kasus ini ke tahap penyidikan. Hal itu lantaran diduga kuat adanya dugaan pelanggaran pidana terkait kekarantinaan kesehatan.

Baca Juga:  Mobil Ambulans RS Ummi Masuk Gang Rumah Habib Rizieq, Ada Apa?

Polda Metro Jaya sendiri telah meminta klarifikasi Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dan beberapa saksi lainnya yang mengetahui acara tersebut.

Bahkan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga diperiksa untuk proses klarifikasi di Bareskrim Polri. Rizieq Shihab sendiri diagendakan dipanggil pada esok hari.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini