2 BUMD Jakarta Raih Penghargaan DTKJ Award

Mohamad Yan Yusuf, Sindonews · Selasa 01 Desember 2020 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 338 2319548 2-bumd-jakarta-raih-penghargaan-dtkj-award-kvvfKLCQf9.jpg Dua BUMD Jakarta dapat penghargaan DTKJ Award (Foto: M Yan Yusuf)

JAKARTA - Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) memberikan penghargaan kepada dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, yakni MRT dan LRT Jakarta. Keduanya dianggap sebagai operator transportasi ramah disabilitas.

Pemberian penghargaan sendiri dilakukan di Hotel Pullman, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (1/12/2020) siang tadi.

“Platinum Awards kami berikan kepada PT MRT Jakarta dan Gold Awards diberikan kepada PT LRT Jakarta,” kata Ketua DTKJ, Haris Muhamadun di lokasi.

Pemberian sendiri merupakan bentuk apresiasi DTKJ terhadap dua perusahaan yang dianggap mampu memberikan pelayanan disabilitas kepada masyarakat Jakarta. Dengan kata lain, mereka mampu memberikan pelayanan prioritas dan kesamaan fasilitas.

Baca Juga: Positif Covid-19, Anies: Doakan Supaya Cepat Pulih

Haris mengungkapkan, sejak 19 Agustus 2020 pihaknya telah memberikan penilaian kepada sejumlah transportasi di Jakarta, seperti TransJakarta, KCI, Kapal Angkutan Umum, Pesawat, hingga angkutan umum.

Dari sejumlah itu, hanya fasilitas di stasiun MRT dan LRT yang dianggap layak dan aman untuk disabilitas, seperti pelayanan pegawai, kesediaan sarana pembantu seperti ubin disabilitas, lift, hingga tangga eskalator.

Di samping itu, penilaian terhadap pelayanan juga diperhitungkan, di antaranya bagaimana ketersedian sarana di dalam angkutan umum, hingga kenyamanan. “Penilaian sendiri dilakukan terbuka sejumlah dewan juri. Baik dari masyarakat, kaum disabilitas, hingga pemerhati transportasi,” ucapnya.

Sementara untuk penghargaan Silver Awards, pemberian pengharagaan diberikan kepada PT KCI Indonesia selaku operator KRL serta PT Pelindo II, selaku operator kapal laut.

Baca Juga:  Anies Positif Covid-19, Kantor Gubernur Ditutup Sementara 

Penyelenggaraan DTKJ sendiri diberikan dalam rangka menyambut Hari Disabilitas International yang jatuh pada 3 Desember 2020 mendatang. “Ke depannya, kami akan gelar acara serupa setiap dua tahun untuk memotivasi operator memberikan pelayanan transportasi terbaik bagi masyarakat,” tutupnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini