Polisi Diusir dari Petamburan, FPI : Tidak Ada Instruksi

Riezky Maulana, iNews · Rabu 02 Desember 2020 18:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 338 2320466 polisi-diusir-dari-petamburan-fpi-tidak-ada-instruksi-oIBWHLDBPz.jpg Dialog antara polisi dengan massa di Petamburan (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Wakil Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Aziz Yanuar buka suara ihwal pengusiran penyidik Polda Metro Jaya ketuka berupaya menyambangi kediaman Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab. Dia mengklaim pihaknya sama sekali tak pernah mengeluarkan instruksi kepada LPI untuk melakukan pengusiran.

"Kalau instruksi usir kayak gitu enggak ada. Enggak boleh ya," kata Aziz kepada wartawan, Rabu (2/12/2020)

Dia mengaku tidak mengetahui alasan massa pasti dari pihak LPI ketika mengusir polisi. Dia malah mengimbau sesama muslim agar melakukan tindakan yang baik-baik saja.

"Sesama umat muslim baik-baik aja lah. Semua pihak, bukan ke satu pihak aja. Bersaudara semua," katanya.

Sebelumnya, Perwakilan penyidik Ditreskrimum Kemneg Polda Metro Jaya yang datang ke kediaman Habib Rizieq Shihab di Petamburan mendapat hadangan dari Laskar Pembela Islam (LPI). Mereka ditahan untuk masuk menemui pihak keluarga dan dicaci maki oleh sejumlah orang.

Kedatangan penyidik untuk menyerahkan surat panggilan kedua kepada Habib Rizieq dan mantunya, Hanif Alathas terkait kerumunan di Petamburan. Paginya, penyidik diperkenankan masuk ke Rumah Habib Rizieq setelah setengah jam bernegosiasi dengan LPI.

Namun, penyidik kembali datang ke lokasi sehabis Sholat Zuhur, sekira pukul 13.00 WIB, Rabu (2/12/2020). Perlakukan kurang menyenangkan didapat polisi. Mereka kembali ditahan LPI yang beralasan sedang melakukan koordinasi dengan pihak keluarga dan pengacara Habib Rizieq.

Baca Juga : Terungkap, Pinangki Ogah Lapor ke PPATK Usai Beli Mobil BMW X5

Setelah 40 menit lebih menunggu, polisi tak kunjung mendapat kejelasan. Sementara di lain sisi, massa pendukung Habib Rizieq semakin ramai mendatangi lokasi. Saat itulah beberapa oknum melontarkan caci maki ke polisi yang memilih meninggalkan lokasi.

"Polisi bang**t balik kanan sana lu, wartawan udah, matiin kamera jangan meliput," kata sejumlah massa.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini