Blokade Jalan, Diduga Massa FPI Sisir Kawasan Petamburan

Mohamad Yan Yusuf, Sindonews · Rabu 02 Desember 2020 19:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 338 2320487 blokade-jalan-diduga-massa-fpi-sisir-kawasan-petamburan-IT56WJXEDc.jpg Jalan Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa 1 Desember 2020 (Foto: Komaruddin Bagja)

JAKARTA - Kian sore, penjagaan di Jalan Petamburan III, Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat makin ketat, Rabu (2/12/2020). Sejumlah orang diduga dari Front Pembela Islam (FPI) tampak mengawasi dan memblokade akses masuk dan keluar di jalan itu.

Selain itu, beberapa kali anggota menggunakan sepeda motor terlihat hilir mudik di kawasan Petamburan, di antaranya Petamburan IV yang berdekatan dengan Kantor Dinas Pemakaman dan Pertamanan, serta Jalan Petamburan II yang merupakan areal masuk kelurahan.

Baca Juga: Polisi Diusir dari Petamburan, FPI : Tidak Ada Instruksi

Termasuk di Jalan Petamburan Raya yang menghubungkan ketiga jalan itu yang berada di sisi selatan. Kawasan itu juga menjadi lokasi patroli sejumlah orang diduga anggota FPI.

Pantauan di lokasi, Jalan Petamburan III baik di area sisi Utara maupun Selatan tampak dijaga sejumlah remaja bermasker dan berpakaian serba putih, mereka juga mengawasi setiap orang lewat. Bila bukan warga sekitar maupun tak menjelaskan tujuannya. Mereka akan berupaya keras agar orang tersebut balik arah. 

Di setiap areal masuk kawasan tersebut, puluhan orang berpakaian pangsi, serba putih, hingga bersarung tampak menjaga, mereka memblokade setiap warga yang masuk.

Termasuk di depan gang menuju kediaman Habib Rizieq, penjagaan di sana kian ketat dengan menaruh kursi kayu tepat di tengah jalan. Sementara beberapa orang tampak berjaga di depan pos yang berhadapan dengan gang itu.

“Kayanya sejak siang tadi deh, yang jaga lebih banyak lebih ketat,” kata Minah, (43), warga sekitar Petamburan Raya.

Baca Juga: Tinggalkan Kediaman Habib Rizieq, Polda Metro: Surat Pemanggilan Sudah Diterima

Minah tak mengetahui pasti kenapa penjagaan disana cukup ketat. Padahal sejak Habib Rizieq pulang ke Indonesia. Penjagaan disana tampak biasa, barulah setelah isu pemanggilan polisi, warga yang jaga kian bertambah.

“Tau diperiksa dari televisi,” katanya.

Hingga berita ditulis, suasana memanas yang sempat terjadi berlangsung pulih. Meski demikian, beberapa warga tak bisa keluar masuk.

Mereka hanya berjaga di lokasi dan mengawasi setiap kendaraan yang melintas. Begitupun dengan patroli, nyaris beberapa menit sekali, anggota berpakaian serba putih keliling jalan itu.

Meksi memanas, namun tak ada satupun anggota polisi disana. Mereka tampak terlihat berjaga di Asrama Brimob yang berjarak 300 meter dari lokasi Petamburan III.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini