Pasca Kerumunan saat Haul di Tangerang, Masyarakat Sekitar Jalani Rapid Test Massal

Isty Maulidya, Okezone · Kamis 03 Desember 2020 05:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 338 2320603 pasca-kerumunan-saat-haul-di-tangerang-masyarakat-sekitar-jalani-rapid-test-massal-GhP4xZGNzc.jpg Rapid test. (Ilustrasi/Okezone/Heru Haryono)

TANGERANG - Setelah pelaksanaan haul di sebuah pesantren di Cilongok, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, masyarakat di sekitar tempat kegiatan menjalani rapid test massal pada Rabu (2/12/2020). Warga yang menjalani rapid test diperkirakan mencapai 1.000 orang.

Camat Pasar Kemis Chaidir mengatakan rapid test ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya lonjakan kasus Covid-19 setelah adanya kegiatan yang menyebar kerumunan massa minggu lalu. Pihak kecamatan bekerja sama dengan Puskesmas Pasar Kemis dan Kutabumi dibantu Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dalam pelaksanaan rapid test.

"Kita mengantisipasi adanya lonjakan kasus di Pasar Kemis pasca acara haul beberapa waktu lalu. Oleh karena itu, kami dengan pihak melakukan rapid test kepada warga sekitar Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyyah secara bertahap," ucapnya.

Pihak puskesmas menyediakan kurang lebih sekitar 1.000 rapid test kit untuk masyarakat Cilongok dan akan dilakukan secara bertahap di beberapa lokasi di Cilongok dan sekitarnya secara bertahap. Pada tahap pertama ini, dari 117 orang yang ditest tidak ada yang menunjukkan hasil reaktif.

"Puskesmas menyediakan kurang lebih 1000 alat rapid test yang bisa dipergunakan untuk masyarakat Cilongok khususnya sekitar pesantren. Tahap pertama dari hasil rapid test tersebut tidak ada yang reaktif dari 117 orang yang dites," ujarnya.

Baca Juga : Pemkab Tangerang Klaim Sudah Lakukan Pencegah di Acara Haul Abuya Uci

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akan melakukan tracing kepada jamaah yang hadir dalam kegiatan di Kampung Cilongok, Kecamatan Pasar Kemis pada Minggu (29/11/2020) lalu. Salah satunya dengan menggelar rapid test dan mengimbau jamaah yang hadir untuk melapor ke puskemas terdekat apabila mengalami gejala Covid-19.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini