Dipanggil, Eggi Sudjana Pastikan Hadir ke Polda Metro

Helmi Syarif, Koran SI · Kamis 03 Desember 2020 10:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 338 2320742 dipanggil-eggi-sudjana-pastikan-hadir-ke-polda-metro-inHFtOjlup.jpg Eggi Sudjana (Foto: Okezone)

JAKARTA Eggi Sudjana memastikan akan hadir memenuhi panggilan Polda Metro Jaya. Ia akan diperiksa sebagai sebagai tersangka dalam kasus makar. 

Kuasa Hukum Eggi Sudjana, Hisbullah Ashiddiqi menegaskan, kliennya akan hadir guna melakukan klarifikasi terkait panggilan sebagai tersangka yang ditujukan kepada kliennya.

“Insha Allah kami ke sana kami klarifikasi ke Polda," katanya.

Baca Juga: Eggi Sudjana Kecelakaan Tunggal, Polisi Duga Akibat Mengantuk

Dia menegaskan, pihaknya akan memenuhi panggilan tersebut sekaligus mengklarifikasi maksud kepolisian membuka kembali kasus tersebut.

Menurut Hisbullah, pihaknya sebelumnya telah mengasumsikan kasus tersebut tidak bisa dilanjutkan usai penangguhan penahanan Eggi Sudjana dikabulkan.

"Ini yang mau kita klarifikasi sebenarnya. Panggilan satu sebagai tersangka kan tahun 2019 panggilan pertama sebagai tersangka sudah pernah dipanggil, diperiksa waktu itu," tegasnya.

Pada panggilan pertama, kali ini pihaknya sekaligus inigin menanyakan apa yang membuat kasus ini dibuka kembali padahal dirinya mengasumsikan masalahnya sudah selesai pada saat Eggi dikeluarkan.

“Memang perkara ini enggak bisa dilanjut tinggal menunggu SP3," tukasnya.

Baca Juga: Selesai Diperiksa Polisi, Eggi Sudjana Dibolehkan Pulang

Meski begitu, Hisbullah mengaku pihaknya masih optimis jika pemanggilan kali ini akan berkaitan dengan proses penutupan kasus yang akan dilakukan oleh penyidik di kasus tersebut. "Kita berharap ini mengarah ke SP3-lah. Kita masih positif thinking aja. Jadi maksud pemanggilannya apa kita ingin meminta klarifikasi hari ini," ujarnya.

Seperti diketahui, penyidik Keamanan Negara (Kamneg) Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya menjadwalkan pemanggilan pemeriksaan kepada Eggi Sudjana. Penyidik memanggil Eggi dalam kapasitasnya sebagai tersangka kasus makar pada tahun 2019 lalu.

Surat pemanggilan Eggi tersebut bernomor S.Pgl/1802/XII/2020/Ditreskrimum. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan pihaknya kembali memanggil Eggi Sudjana karena kasus tersebut belum disetop alias masih berlanjut.

Di sisi lain, kasus itu menjadi atensi Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran untuk menuntaskan PR kasus yang belum terselesaikan. Eggi Sudjana sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan makar dan keonaran. Dia kemudian ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan sejak Selasa, 14 Mei 2019. Kasus ini bermula dari pidato Eggi pada Rabu 17 April di depan kediaman calon presiden 02 Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Dalam pidatonya, Eggi menyerukan ajakan people power di hadapan pendukung kubu Prabowo-Sandi. Akibat perbuatannya ini, Eggi disangkakan dengan Pasal 107 KUHP dan/atau Pasal 110 KUHP juncto Pasal 87 KUHP dan/atau Pasal 14 Ayat (1) dan Ayat (2) dan/atau Pasal 15. Tim kuasa hukum Eggi sempat mengajukan permohonan penangguhan penahanan Eggi dengan penjamin Wakil Ketua DPR Fadli Zon hingga anggota Komisi III DPR Sufmi Dasco Ahmad.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini