Lapas Paledang Musnahkan Ratusan Handphone yang Ditemukan di Sel Tahanan

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Jum'at 04 Desember 2020 12:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 338 2321563 lapas-paledang-musnahkan-ratusan-handphone-yang-ditemukan-di-sel-tahanan-NXES8ckuSU.jpg Petugas Lapas Paledang musnahkan handphone yang ditemukan dari sel tahanan (Foto : Lapas Paledang)

BOGOR - Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Paledang Kelas IIA Bogor memusnahkan ratusan hanphone yang disita dari sel napi atau warga binaan. Hal itu guna mencegah pengendalian narkoba dari Lapas.

Kepala Lapas Paledang Kelas IIA Bogor, Teguh Wibowo mengatakan pihaknya rutin melakukan sidak ke kamar-kamar minimal empat kali dalam sebulan.

"Ini untuk mencegah peredaran narkoba yang dilakukan para WB yang ada di Lapas Paledang," kata Teguh, dalam keterangannya, Jumat (4/12/2020).

Berdasarkan hasil sidak sejak 2019 hingga juli 2020, pihaknya menemukan 125 handphone, 30 charger, 30 headset, lima modem internet, empat unit powerbank dan 30 baterai handphone. Temuan barang-barang tersebut langsung dimusnahkan oleh petugas.

Namun, ditengah situasi pandemi covid-19 saat ini, kunjungan tatap muka masih belum diperbolehkan. Sehingga Teguh memastikan kalau tidak ada barang selundupan yang masuk ke dalam Lapasnya.

"Kita sejak bulan Maret sudah tidak boleh ada kunjungan tatap muka. Jadi bisa dipastikan tidak ada barang selundupan yang masuk dan seluruh warga binaan bersih dari barang elektronik," tegasnya.

Sementara itu, Kasubsi Bimpas Lapas Paledang, Made Argita Darmawan mengaku untuk memastikan warga binaan bebas dari narkona Lapas juga melakukan program rehabilitasi. Tahun ini, ada 100 warga binaan yang mengikuti program tersebut.

Baca Juga : Waketum MUI Usul Pembentukan Dewan Kerukunan Nasional Dilanjutkan

Pogram rehabilitasi ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Bogor, Dinas Sosial Kota Bogor, RS Marzuki Mahdi, BNN Kabupaten Bogor dan lainnya.

"Kami berharap, setiap warga binaan yang masuk sini, setelah keluar pun benar-benar bersih dari narkoba. Mereka tidak lagi terikat dengan dunia hitam itu dan bisa menjalani hidup dengan normal," ucap Made.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini