Share

Rapid Test Massal di Tempat Hiburan Malam Bekasi, 1 Pengunjung Reaktif Covid-19

Abdullah M Surjaya, Koran SI · Jum'at 04 Desember 2020 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 338 2321707 rapid-test-massal-di-tempat-hiburan-malam-bekasi-1-pengunjung-reaktif-covid-19-CfcECZhE2q.jpg Pengunjung tempat hiburan malam di Bekasi jalani rapid test. (Foto : Sindonews)

BEKASI – Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kota Bekasi menggelar rapid test massal di Tempat Hiburan Malam (THM), Kamis (3/12) malam. Rapid test massal ini menyasar Holywings Forest. Pengunjung dan pekerja di Holywings bergantian dites.

“(Seluruhnya) ada 45 yang di-rapid test, satu di antaranya reaktif (Covid-19) dan sudah kami serahkan kepada Dinkes,” kata Wakasat Reserse Narkoba Polres Metro Bekasi Kota, Kompol Suwolo Seto, Jumat (4/12).

Menurutnya, rapid test massal yang menyasar THM sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus tersebut.

Tim gabungan juga mengecek kesiapan pengelola THM dalam protokol kesehatan seperti penggunaan masker seluruh pengunjung dan pekerja, ketersediaan westafel dan sabun, serta menjaga jarak dalam satu meja. Rencananya, kegiatan ini digelar berkala menyasar seluruh THM yang ada di Kota Bekasi.

Karena itu, dia mengimbau seluruh pengelola THM agar dapat mengedepankan protokol kesehatan (prokes) dan memastikan pengunjung mengedepankan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak). “Kegiatan ini akan kami rutinkan agar penyebaran wabah corona bisa berkurang di Kota Bekasi,” tuturnya.

Di Kabupaten Bekasi, Satuan Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Kabupaten Bekasi menggeruduk sejumlah THM. Kedatangan petugas untuk memastikan tempat hiburan tersebut beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) dan memeriksa pengunjung menerapkan 3M.

Petugas yang dikomandoi Kasat Narkoba Polres Metro Bekasi, Kompol Budi Setiadi menyisir sejumlah THM. Hal ini guna menekan angka penyebaran Covid-19. “Kita memantau tempat hiburan malam apakah sudah menerapkan prokes atau tidak,” katanya.

Meski demikian, pihaknya tidak akan meneloransi jika ada tempat hiburan yang melanggar protocol kesehatan dengan melakukan penutupan. Selain melakukan pemantauan protokol kesehatan, petugas juga menggelar rapid test terhadap karyawan dan pemandu lagu atau ladies companion (LC) yang bekerja di tempat hiburan tersebut.

“Kami tidak mau ada klaster baru dari lokasi tempat hiburan. Hasilnya sampai dengan saat ini negatif,” ucapnya.

Baca Juga : Kasus Covid-19 Bertambah 8.369, Satgas: Naiknya Menggila

Dalam razia gabungan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bekasi dilakukan di beberapa tempat hiburan malam, untuk melihat langsung kondisi tempat hiburan tersebut yang melayani para pengunjung dengan menggunakan protokol kesehatan.

Sementara itu dari hasil kegiatan tersebut, ada sejumlah tempat hiburan yang belum menerapkan protokol kesehatan seperti tidak menyediakan hand sanitizer di depan pintu serta spanduk bertuliskan imbauan prokes. “Sudah kami imbau. Kami tegaskan kegiatan ini akan rutin kami gelar,” tuturnya.

Baca Juga : Jumlah Pasien Meningkat, Keterisian Tempat Tidur di RS Rujukan Covid-19 DKI Capai 79%

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini