Cegah Kecelakaan, Perlintasan Liar di Stasiun Kramat-Pondokjati Ditutup

Muhamad Rizky, Okezone · Rabu 09 Desember 2020 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 09 338 2324208 cegah-kecelakaan-perlintasan-liar-di-stasiun-kramat-pondokjati-ditutup-4Z2X8ebzvG.jpg PT KAI tutup perlintasan liar Kramat-Pondokjati (Foto: PT KAI Daop 1)

JAKARTA - PT KAI Daop 1 menutup perlintasan liar di KM 9+685 antara Stasiun Kramat-Pondokjati pada Selasa 8 Desember 2020 malam. Penutupan dilakukan untuk mengantisipasi kecelakaan.

"Untuk mengurangi kecelakaan di perlintasan sebidang," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1, Eva Chairunisa dalam keterangan resminya, Rabu (9/12/2020).

Baca Juga:  PT KAI Tuntut Pemilik dan Pengemudi Truk yang Tabrak Kereta Angkut

Eva menjelaskan, sebelum dilakukan penutupan pihaknya sudah melakukan sosialisasi dengan memasang spanduk pemberitahuan. "Masyarakat yang biasa memanfaatkan perlintasan tersebut dapat menggunakan perlintasan resmi yaitu perlintasan nomor 40 Pramuka dan perlintasan Pondokjati," tuturnya.

Eva menambahkan, penutupan itu juga sesuai dengan Undang Undang No.23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian Pasal 94 menyatakan bahwa, “(1) Untuk keselamatan perjalanan kereta api dan pemakai jalan, perlintasan sebidang yang tidak mempunyai izin harus ditutup; (2) Penutupan perlintasan sebidang sebagaimana dimaksud pada Ayat (1) dilakukan oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah.”

Adapun sepanjang tahun 2020 lanjut Eva, pihaknya telah menutup 27 perlintasan di wilayah Daop 1 Jakarta. Dari puluhan perlintasan yang ditutup tersebut, 23 titik merupakan perlintasan liar, 4 titik merupakan perlintasan resmi.

"PT KAI Daop 1 Jakarta menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di sekitar jalur KA agar tidak membuat perlintasan secara ilegal yang dapat membahayakan keselamatan perjalanan KA dan masyarakat yang melintas," ungkapnya.

"PT KAI terus berupaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tertib dalam berlalulintas dan ikut menjaga keselamatan perjalanan KA," tambah Eva.

Baca Juga:  198 Kecelakaan Terjadi di Perlintasan Sebidang Kereta Api

Sebagai informasi, di wilayah kerja Daop 1 Jakarta terdapat 452 perlintasan KA, yang terbagi menjadi pelintasan sebidang resmi 244 dan liar 208. Sedangkan untuk pelintasan tidak sebidang yang telah difasilitasi flyover dan underpass sebanyak 59 titik

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini