Ada Pemungutan Suara Ulang di Tangsel, KPU Minta KPPS Bermasalah Diproses

Felldy Utama, iNews · Jum'at 11 Desember 2020 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 338 2325800 ada-pemungutan-suara-ulang-di-tangsel-kpu-minta-kpps-bermasalah-diproses-WBRSnS960P.jpg Ilustrasi (Dok. Okezone)

JAKARTA - Pelaksana tugas (Plt) Ketua KPU Daerah Tangerang Selatan (Tangsel) Taufik MZ meminta Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang TPS-nya bermasalah untuk segera diproses.

Hal itu diungkapkan menyusul adanya rekomendasi Bawaslu terkait pemungutan suara ulang (PSU) pada Pilkada 2020 di wilayah Tangsel.

Awalnya, Taufik meminta kepada panitia pemilihan kecamatan (PPK) agar menindaklanjuti rekomendasi lembaga pengawas pemilu tersebut. Dalam pelaksanaan PSU nanti, dia meminta agar KPPS di TPS yang bermasalah tak dipakai kembali.

"(KPPS) Tidak ditugaskan dalam pelaksanaan PSU di TPS yang bersangkutan," kata Taufik saat dihubungi MNC Media, Jumat (11/12/2020).

Bahkan, dia juga meminta agar KPPS tersebut diberikan peringatan keras karena tidak menyelenggarakan proses pemungutan suara Pilkada serentak 2020. Akibatnya, kualitas penyelenggara di Tangsel menjadi pertaruhannya.

"Kami juga tegaskan, mohon diperhatikan, agar KPPS yang melanggar prinsip-prinsip pemilu/kode etik segera diproses," ujar dia.

Baca Juga : Positif Covid-19, Kondisi Dirut RS Ummi Kota Bogor Stabil

Baca Juga : Wajar Bila Desmond Pertanyakan Fungsi Laskar FPI

Sebelumnya, Taufik membenarkan soal rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait adanya rekomendasi pelaksanaan PSU Pilkada serentak 2020 di wilayah Tangsel. Dia menyebut ada 3 TPS yang masuk dalam rekomendasi tersebut.

"Ya, rekomendasi Bawaslu sudah kami terima. PSU di 3 TPS yaitu, TPS 15 Pamulang Timur, TPS 30 Rengas dan TPS 49 Cempaka Putih," katanya saat dihubungi MNC Media.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini