Share

Aksi 1812, Barracuda dan Water Canon Berjejer di Depan Istana

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Jum'at 18 Desember 2020 10:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 18 338 2329967 aksi-1812-barracuda-dan-water-canon-berjejer-di-depan-istana-2LpeJLoz7p.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Menjelang adanya aksi 1812 yang dilakukan oleh sejumlah organisasi masyarakat yang tergabung dalam anak NKRI, arus lalu lintas mengarah ke Istana Negara belum ditutup. Dalam aksi tersebut, massa juga menuntut agar Habib Rizieq Shihab dibebaskan.

(Baca juga: Haikal Hassan Bermimpi Rasulullah Dipolisikan, Mahfud MD: Dulu Gus Dur Mengiktibar Itu dengan Baik)

Berdasarkan pengamatan, di patung kuda atau Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (18/12/2020) nampak belum ada penutupan arus lalu lintas ke arah Istana Negara di jalan tersebut. 

 Begitu juga arus lalu lintas dari Istana ke arah Patung kuda pun belum ditutup. Hanya saja nampak aparat dari Kepolisian dan TNI sudah berjaga di Jl. Medan Merdeka Barat. Kemudian ada juga mobil kendaraan rantis seperti water canon dan barracuda milik  Brimob terpakir di depan Kemenkopolhukam dan depan istana.

Disisi lain, sudah terdapat juga kawat dan konblok yang biasanya digunakan untuk menutup jalan jika massa melakukan aksi unjuk rassa.

Diketahui sebelumnya Front Pembela Islam (FPI) dan sejumlah ormas yang berafliasi dengannya akan berunjuk rasa di depan Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Jumat 18 Desember 2020. Mereka menuntut pengusutan enam laskar FPI yang tewas ditembak polisi, serta meminta pembebasan Habib Rizieq Shihab (HRS).

Dari poster yang diterima, aksi tersebut bertajuk ‘Aksi 1812 bersama anak NKRI’. Aksi akan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, setelah Salat Jumat pukul 13.00 WIB.

Terdapat beberapa tuntutan dalam aksi itu, di antaranya usut tutas pembunuhan 6 syuhada, bebaskan IB HRS (imam besar Habib Rizieq Shihab) tanpa syarat, stop kriminalisasi ulama, stop diskriminasi hukum. Pada poster itu, juga terdapat pesan Habib Rizieq ‘Jika saya dipenjara atau dibunuh, lanjutkan perjuangan’.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini