Warga Bogor Diminta Waspada Musim Telur Ular Menetas

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Senin 21 Desember 2020 07:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 21 338 2331240 warga-bogor-diminta-waspada-musim-telur-ular-menetas-lFTtPApa4s.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

BOGOR - Masyarakat diminta untuk lebih mewaspadai lingkungan sekitar tempat tinggal akan adanya hewan reptil salah satunya ular. Pasalnya, akhir tahun seperti ini merupakan musim bagi telur ular menetas.

"Lagi musim (penetasan telur ular), Oktober sampai Desember. Hampir semua jenis," kata Penyidik Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah I Bogor Sudrajat, dikonfirmasi, Minggu (20/12/2020).

Sudrajat menambahkan, jenis ular yang paling sering terlihat di sekitar pemukiman adalah kobra. Sedangkan, ular lainnya seperti piton atau sanca cenderung berada di selokan atau bantaran sungai.

"Apalagi telur ular kobra bisa mengeluarkan sampai 20 sampai 30 telur butir. Kalau piton banyak di sungai karena memang habitatnya di situ," jelasnya.

Ular biasanya memasuki rumah warga melalui lubang tikus yang menjadi salah satu sumber makanannya. Kemudian, hewan berdarah dingin itu juga menyukai bersembunyi di bawah puing-puing atau rongsokan.

"Dia (ular) makannya tikus, rumah warga itu banyak jadi dia senang di situ. Kalau ular itu banyak makanan, dia akan bertelur dan menetas di situ. Seperti di tumpukan-tumpukan barang," ungkap Sudrajat.

Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk selalu menjaga kebersihan di lingkungkan tempat tinggal terutama barang-barang bekas. Tak lupa, gunakan wewangian guna mencegah masuknya ular ke rumah.

"Ular tidak takut dengan garam. Dia (ular) lebih takut sama bebauan atau wangi-wangian seperti karbol dan kamper, dia akan takut mendekat," tutupnya.

Sebelumnya, dalam beberapa waktu terakhir masyarakat sempat dikejutkan kehadiran ular. Seperti temuan belasan anak ular kobra yang muncul di rumah warga Bojonggede pada November 2020.

Kemudian, ular juga sempat ditemukan warga Kota Bogor di dalam kloset, ular kobra di rak sepatu dan beberapa temuan ular lainnya di sekitar pemukiman.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini