Share

Kepala KKP Bandara Soetta Ingatkan Masa Berlaku Rapid Test Antigen 3 Hari, PCR 7 Hari

Isty Maulidya, Okezone · Senin 21 Desember 2020 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 21 338 2331694 kepala-kkp-bandara-soetta-ingatkan-masa-berlaku-rapid-test-antigen-3-hari-pcr-7-hari-ANRAtPfB8N.jpg Bandara Soekarno-Hatta. (Ilustrasi/Foto : Okezone/Isty Maulidya)

TANGERANG - Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Soekarno-Hatta, Darmawali Handoko mengatakan, masa berlaku dokumen kesehatan bebas Covid-19 dengan metode rapid test antigen hanya berlaku 3 hari sejak penerbitan. Sementara hasil PCR test yang sebelumnya berlaku selama 14 hari kini berubah menjadi 7 hari.

"Sesuai surat edaran Gugus Tugas dan Kemenhub, PCR untuk ke Bali (berlaku) 7x24 jam sebelum penerbangan. Kemudian untuk rapid test antigen 3x24 jam sebelum penerbangan," ujarnya, Senin (21/12/2020).

Darwali menjelaskan, aturan baru ini tertulis dalam Surat Edaran Kemenhub Nomor 22 Tahun 2020 dan Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 nomor 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan orang selama libur Hari Raya Natal dan menyambut Tahun Baru 2021 dalam masa pandemi Covid-19. Aturan itu juga menerangkan mengenai rapid test antigen.

Baca Juga : Stigma Negatif Masyarakat Disebut Menghambat Upaya Memutus Penyebaran Covid-19

"Ada 2 surat edaran yang kami terima. Pertama dari Gugus Tugas, yang kedua baru tadi pagi kami terima dari Kemenhub itu pemakaian rapid test antigen kita berlakukan tanggal 22 Desember 2020. Jadi besok semua sudah harus memakai rapid test antigen," ujar Handoko.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Rapid test antigen berlaku mulai besok dan diwajibkan untuk seluruh penumpang pesawat yang masuk dan keluar Pulau Jawa. Sementara bagi masyarakat yang akan menuju Bali melalui jalur udara harus melampirkan hasil PCR Test, sesuai dengan surat edaran dari pemerintah setempat.

Baca Juga : Petugas Validasi Dokumen Covid-19 di Bandara Soetta Ditambah Cegah Antrean Membeludak

"Sudah ada surat edaran dari Gubernur Bali, mereka sudah harus setiap yang masuk lewat bandar udara harus melampirkan PCR yang berlaku 7x24 jam," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini