Selain Rapid Test Antigen, Ini Sejumlah Aturan Ketat Masuk Kawasan Puncak Bogor

Haryudi, Koran SI · Selasa 22 Desember 2020 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 22 338 2332098 selain-rapid-test-antigen-ini-sejumlah-aturan-ketat-masuk-kawasan-puncak-bogor-MfepJyophW.jpg Ilustrasi (Dok. okezone)

BOGOR - Selain diharuskan menunjukan hasil rapid test antigen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor juga akan memperketat kunjungan wisatawan yang hendak merayakan malam pergantian tahun di wilayah Kabupaten Bogor, khususnya di kawasan Puncak.

Hal tersebut ditegaskan, Sekretris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin usia memimpin rapat evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Pra Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Kabupaten Bogor, Selasa (22/12/2020).

"Saat ini, Pemkab Bogor terus mematangkan persiapan menghadapi libur panjang akhir tahun, dengan membangun sembilan posko pengamanan sekaligus Posko Covid-19 (Check Point)," kata Burhanudin.

Tak hanya itu, Burhanudin menambahkan, setiap cek point dijaga ketat ribuan petugas gabungan. Para petugas ini nantinya akan memeriksa dan menjaring para wisatawan yang hendak menuju ke tempat objek wisata maupun penginapan di Kabupaten Bogor.

"Setiap wisatawan yang hendak datang ke Puncak atau tempat wisata di Kabupaten Bogor harus bisa menunjukkan hasil rapid antigen yang akan menginap disana, saya juga minta disosialisasikan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) serta Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo)," ungkapnya.

Hal itu berlaku juga bagi wisatawan yang sudah memesan hotel dari jauh-jauh hari namun tak membawa hasil rapid antigen maka tidak diperkenankan melanjutkan perjalananya pada saat terjaring di cek point.

"Jadi, jika ada wisatawan yang kedapatan tidak membawa hasil rapid test antigen di Simpang Gadog akan diminta putar balik," katanya.

Ia merinci, beberapa titik penempatan Posko Covid-19 yang akan melakukan pemeriksaan kepada setiap pengunjung obyek wisata di kawasan Puncak. Pertama di Simpang Gadog, Pasar Cisarua, Gunung Mas, dan Rindu Alam. Kemudian, di Gunung Salak Endah, Taman Buah Mekar Sari, serta Posko Covid-19 Sukamakmur.

"Rencana ada titik tambahan, dan kini sedang dipertimbangkan," katanya.

Sedangkan untuk Perayaan Natal, Pemkab Bogor memberikan dua opsi pelaksanaan ibadah, pertama melalui daring atau secara tatap muka langsung.

Hal itu dilakukan lantaran penyelenggaraan Natal dan perayaan tahun baru di tengah pandemi Covid-19 sangat rawan terjadi penularan.

Maka dari itu, pihaknya mengimbau kepada seluruh rumah ibadah gereja di Kabupaten Bogor untuk bisa melakukan ibadah maupun perayaan Natal secara online maupun live streaming.

"Kami juga tidak bisa mencegah mereka misalnya kalau ada beberapa gereja yang tetap melakukan ibadah atau perayaan secara tatap muka," terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan mengatakan, pihaknya sepakat untuk mempedomani arahan Satgas Nasional tentang protokol kesehatan perayaan natal dan tahun baru di tengah pandemi COVID-19.

"Itu berlaku yakni mulai 18 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021. Masyarakat memprioritaskan untuk berada di dalam rumah dan mengurangi kegiatan di luar rumah, kecuali untuk kegiatan yang mendasar dan/atau mendesak," katanya.

Irwan menambahkan, khusus di wilayah Jabodetabek karena berdekatan dengan Jakarta mengacu pada DKI Jakarta. Diantaranya, mengatur jam operasional untuk sektor ekonomi, minimarket, mall dan sebagainya selama waktu libur panjang dibatasi hanya sampai pukul 19.00 WIB.

Sedangkan, di luar libur perayaan Natal dan Tahun Baru kembali normal. Untuk kebijakan pengendalian kegiatan masyarakat dalam upaya pencegahan Covid-19 selama masa libur Perayaan Natal dan Tahun Baru 2021.

Pemkab Bogor akan melakukan Operasi Yustisi di wilayah Puncak yang diberi nama Operasi Pamong Praja Satgas Covid 2019, pertama mereka akan melakukan pengecekan hasil rapid antigen wisatawan. Kemudian Satpol PP akan melakukan patroli ke tempat wisata dan memastikan protokol kesehatan dijalankan di tempat wisata.

"Ya, tim medis juga di sana. Kita terpadu, semua disana ada Satpol PP bidang penegakan hukum dan kedisiplinan," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini