Libur Nataru, Pengunjung Manfaatkan Ragunan untuk Olahraga

Ari Sandita Murti, Sindonews · Sabtu 26 Desember 2020 12:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 26 338 2334106 libur-nataru-pengunjung-manfaatkan-ragunan-untuk-olahraga-wQxudgREEN.jpg Wisatawan menikmati suara Taman Marga Satwa Ragunan (Foto : Sindonews/Ari)

JAKARTA - Masyarakat ramai mendatangi kawasan wisata di saat libur Natal dan Tahun Baru 2021, salah satunya di kawasan Taman Margasatwa Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Di antara dari mereka, memanfaatkannya untuk olahraga.

Kepala Satuan Pelaksana Promosi TMR, Ketut Widarsana mengatakan, di saat libur Natal dan Tahun Baru ini, tercatat biasanya ada ribuan pengunjung yang mendatangi kawasan Ragunan. Jumlah itu meningkat dibandingkan hari biasanya, yang mana hari biasa hanya sekitar 500 orang saja.

"Selama dibukanya TMR pengelola melakukan pembatasan, yang mana sesuai aturan Gubernur dan Dinas, perhari kapasitasnya 50 persen dari kapasitas normal," ujarnya pada wartawan, Sabtu (26/12/2020).

Menurutnya, di hari weekend Sabtu dan Minggu jumlah pengunjung bisa mencapai 1.000-2.000 orang dan saat hari libur nasional, seperti saat libur Natal dan Tahun Baru jumlahnya bisa lebih dari 2.000 orang. Pembatasan jumlah pengunjung di Ragunan menjadi 50 persen dilakukan mengingat Ragunan sangat luas sehingga masih aman diterapkannya aturan Protokol Kesehatan.

"Syarat pengunjung rapid belum dilakukan, tapi bagi pengunjung tetap dilakukan sesuai protokol kesehatan, yakni disediakan hand sanitizer, wajib masker, jaga jarak dan tak boleh berkerumun di satu tempat, dan ada juga karpet disinfektan," tuturnya.

Dia menambahkan, pengelola juga memasang baliho hingga spanduk yang berisi imbauan pada pengunjung agar tetap mengikuti protokol kesehatan dan ada pula pengumuman imbauan melalui pengeras suara.

Sementara itu, berdasarkan pantauan, kawasan Ragunan pada Sabtu (26/12/2020) ini terpantau cukup ramai meski tak seramai di hari sebelum Covid-19 merebak di Indonesia ini. Rata-rata, pengunjung yang datang pun melakukan olahraga di kswasan kebun binatang itu, baik untuk lari ataupun bersepeda.

Baca Juga : 100 Wisatawan Menuju Puncak Jalani Rapid Test Antigen

Salah satu pengunjung, Arta menerangkan, dia datang ke Ragunan untuk berolahraga bersama rekannya. Pasalnya, selama pandemi ini dia lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah dan jarang bepergian.

"Olahraga sekalian refresing berwisata di Ragunan. Kan sejuk udaranya di sini, selama pandemi ini kan kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja, WFH jadi sekali-sekali," katanya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini