Pura-Pura Jadi Dokter, Pria Lulusan SD Tipu Pacarnya hingga Rp165 Juta

Komaruddin Bagja, Sindonews · Senin 28 Desember 2020 09:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 28 338 2334754 pura-pura-jadi-dokter-pria-lulusan-sd-tipu-pacarnya-hingga-rp165-juta-RtGx1AaTcJ.jpg Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto. (Foto : Sindonews)

JAKARTA – Seorang pria lulusan SD nekat menipu perempuan yang menjadi korbannya hingga ratusan juta rupiah dengan berpura-pura menjadi dokter. Dengan berpura-pura menjadi dokter, pelaku mencari korbannya untuk dipacari dan ditipu.

Kepala Polres Metro Jakarta Pusat, Kombes Heru Novianto mengatakan, tersangka adalah Michael Wibiksana alias Fransiskus Xaverius Oliver.

 “Pelaku ini cuma lulusan SD dan katanya ada ijazah SMP tapi nggak punya. Dia tidak melakukan pelecehan seksual, cuma pacarnya selalu diajak berhubungan intim,” kata Heru Novianto kepada wartawan di Mapolres Jakpus, Minggu (27/12/2020).

Pelaku menggunakan Facebook untuk memburu para korbannya. Gadis-gadis cantik di akun FB itu digaet dengan modus memberikan pengetahuan obat bagi Covid-19.

“Modus pelaku mencari uang. Pelaku tidak menangani medis korban minta berobat terutama penanganan Covid-19,” ujar Heru.

Namun, Heru mengatakan, aksi pelaku terbongkar setelah kekasihnya berinisial RF yang curiga kepada pelaku. Selama pacaran dengan pelaku, korban sudah menyerahkan uang Rp165 juta menanggunguntuk biaya hidup serta membayar kontrakan di kawasan Cempaka Putih, Jakpus sebesar Rp80 juta. Uang tersebut diketahui digunakan pelaku untuk membeli mobil.

Baca Juga : Diimingi Bantuan, Nenek-Nenek Tertipu Emas Jutaan Rupiah Melayang

“Korban yang curiga lalu melapor ke kita. Pelaku langsung kita tangkap,” tutur Heru

Sementara itu, tersangka Michael Wibiksana mengaku, cita-cita sebagai dokter sudah ada sejak kecil. “Memang sudah lama cita-cita saja menjadi dokter,” katanya.

Menurutnya, cita-cita sebagai dokter harus dikubur dalam-dalam setelah dirinya diusir oleh orang tuanya di Batam. “Saya nakal makanya diusir oleh orang tua saya,” tutupnya.

Baca Juga : Pria Ini Ngaku Mati demi Klaim Asuransi, Uang Penipuan Dipakai Liburan

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 378 KUHP tentang Penipuan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini