Potret Suasana Malam Tahun Baru di Jakarta Sebelum dan Sesudah Covid-19 Mewabah

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 01 Januari 2021 04:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 01 338 2337114 potret-suasana-malam-tahun-baru-di-jakarta-sebelum-dan-sesudah-covid-19-mewabah-2mPrFat7ts.jpg Suasana tahun baru di Jakarta sebelum dan sesudah Covid-19 menerjang (Foto: Antara)

JAKARTA - Suasana pergantian tahun baru 2021 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, dirayakan di tengah pandemi Covid-19 dengan segala pembatasan.

Penegakan protokol kesehatan dilakukan pada malam perayaan tahun baru. Tujuannya untuk mencegah penularan Covid-19.

Mulai dari melakukan penyekatan pintu masuk Jakarta hingga menutup ruas jalan dan tempat hiburan yang berpotensi jadi titik kerumunan. Suasana hening dan sunyi pun tersorot pada malang pergantian tahun kali ini.

Misalnya saya di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Dulu, sebelum pandemi menerjang, di kawasan tersebut menjadi pusat perayaan pergantian malam tahun baru.

Baca Juga: Ucapan Tahun Baru, Susi Pudjiastuti: Pandemi Membuat Kita Lebih Mencintai Keluarga

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerapkan car free nigth atau malam bebas kendaraan. Sebab, di ruas Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin akan berdiri panggung-panggung hiburan. Masyarakat yang datang pun membludak.

Tahun baru dulu dan sekarang foto Antara

Semua tampak gegap gempita saat terompet tahun baru ditiup. Diiringi dengan suara kembang api yang bertaluh-taluh.

Tahun ini, semua itu tak ada. Situasi DKI Jakarta pada malam pergantian tahun baru sunyi, ditambah sendu dengan rintik hujan.

Baca Juga: Tahun Baru 2021, Yusuf Mansur: Tambah Semangat, Corona Hilang! 

Pemerintah maupun Satgas Covid-19 mengimbau masyarakat agar tak melakukan kegiatan atau merayakan tahun baru di luar rumah. Upaya yang dilakukan aparat yakni dengan melakukan penyekatan di sejumlah pintu masuk Jakarta.

Kawasan Bundaran HI malam tadi sepi. Hanya ada petugas yang lalu lalang untuk memastikan tak ada warga yang datang.

Tahun baru dulu dan sekarang foto Antara

Bila aparat menemukan kerumunan, bakal langsung dibubarkan. Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menyebutnya dengan crowd free nigth. Ia pun mengklaim, tak menemukan pelanggaran protokol kesehatan pada malam tahun baru 2021.

"Alhamdulillah konsep kita untuk crowd free night dan car free night bisa dipahami untuk masyarakat," ujar Fadil di Pos Polisi Bundaran HI Jakarta, Kamis 31 Desember 2020 malam.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini