Pengunjung Mal di Cakung Heboh Banyak Petugas Baju Coklat, Ternyata...

Riezky Maulana, iNews · Rabu 06 Januari 2021 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 06 338 2340112 pengunjung-mal-di-cakung-heboh-banyak-petugas-baju-coklat-ternyata-1hlMvYbRTv.jpg Satpam di AEON Jakarta Garden City Kenakan Seragam Coklat ala Polisi (Foto: Riezky)

JAKARTA – Sebagian pengunjung di Mal AEON Jakarta Garden City mengaku kaget dengan banyaknya petugas berseragam coklat-coklat seperti biasa dikenakan oleh polisi.

Mereka bersiaga mulai dari bagian luar melakukan pemeriksaan terhadap orang-orang yang akan masuk hingga berpatroli di bagian dalam mal yang berlokasi di Cakung, Jakarta Timur, itu.

“Saya kaget pas masuk dan melihat banyak polisi di sini. Apa polisi sekarang juga berjaga-jaga di mal ya?” tutur Yani, seorang pengunjung dari Ambon.

Ester, pengunjung lainnya, menduga sedang ada razia protokol kesehatan. “Sempat bertanya-tanya juga saya,” kata perempuan asal Kalimantan Barat ini.

Usut punya usut, ternyata mereka adalah anggota Satuan Pengamanan atau Satpam yang bertugas di mal tersebut. Para petugas keamanan ini memang bukan polisi. Seragam cokelat-cokelat yang mereka kenakan pun bukanlah seragam Polri melainkan seragam baru Satpam di Indonesia yang akan wajib digunakan mulai pertengahan 2021.

Hal ini sesuai Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perkap) No 4/2020 tentang Pengaman Swakarsa yang diteken Kapolri pada 5 Agustus 2020 dan berlaku mengikat setahun setelahnya. Dalam perkap tersebut juga diatur pangkat dan golongan satpam.

Manajer Operasional AEON Jakarta Garden City Rista Fauziah mengatakan, pihaknya memang lebih dulu memberlakukan seragam baru kepada para petugas satpam sebagai bentuk kepatuhan terhadap Perkap Kapolri.

“Kami menerapkan mulai 1 Januari 2021. Ada 107 satpam yang bertugas di sini. Saat ini kami baru memberikan dua jenis seragam baru yaitu PDH (pakaian dinas harian) dan PDL (Pakaian Dinas Lapangan),” jelasnya.

Lisa Haryati, salah satu petugas satpam AEON JGC mengaku dengan seragam baru dia merasa lebih bangga sebagai petugas pengamanan. “Memang banyak pengunjung yang sempat tanya-tanya ke saya polwan dinas di mana he he. Tapi mereka akhirnya paham bahwa ini seragam baru satpam,” ungkapnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini