Ariza Sebut 90% RT di DKI Miliki Grup WA untuk Pantau Warga Selama Pandemi

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Kamis 07 Januari 2021 17:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 07 338 2340642 ariza-sebut-90-rt-di-dki-miliki-grup-wa-untuk-pantau-warga-selama-pandemi-YKAM7UVNwY.jpg Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) mengklaim, saat ini sudah 90% Rukun Tetangga (RT) Ibu Kota miliki grup Whatsapp (WA) untuk memantau setiap aktivitas warganya. Pemprov DKI juga telah meminta setiap rumah miliki kader Covid-19 yang bertugas untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan setiap anggota keluarganya saat beraktivitas di luar rumah.

"Sekarang sudah ada 90% lebih dari grup RT. Kita monitoring terus dan kita kasih kuisioner sampai ke rumah-rumah untuk diisi," ujarnya dalam diskusi BNPB bertajuk 'Implementasi PPKM Jawa-Bali: Kesiapan Pemerintah Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat', Kamis (7/1/2021).

Baca Juga:  Surat PCR Covid-19 Palsu Dijual Rp650 Ribu

Ariza mengatakan, kebijakan tersebut sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu lantaran Pemprov DKI sudah memprediksi penyebaran Covid-19 akan sampai ke rumah-rumah.

Dia menambahkan, sebaik apapun regulasi yang disusun hanya berkontribusi 20% dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Sisanya, kata dia, sekitar 80% berada pada ketaatan warga dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Saya mohon ini waktunya untuk patuh terhadap protokol kesehatan," ujarnya.

Baca Juga:  Rekor Kasus Covid-19 Bertambah 9.321, Berikut Sebaran di 34 Provinsi

Ia memastikan, Pemprov DKI akan menggelar operasi yustisi bersama Forkopimda dalam mengendalikan aktivitas warga Ibu Kota selama pandemi Covid-19. Selain itu, Pemprov DKI juga menyiapkan program kampung tangguh, kampung aman, dan kampung siaga dalam penanggulangan Covid-19.

"Karena belakangan ini meningkat klaster keluarga. Kita megantisipasinya dengan kampung aman, kampung siaga, dan kampung tangguh," tandasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini