Melacak Keberadaan Tunawisma di Sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Kamis 07 Januari 2021 17:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 07 338 2340656 melacak-keberadaan-tunawisma-di-sepanjang-jalan-sudirman-thamrin-S3GD0IbMxV.jpg Melacak tunawisma di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin (Foto: Harits Tryan)

JAKARTA - Tunawisma ditemukan di Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin saat Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma melakukan sidak pada 4 Januari 2021 lalu.

MNC Portal mencoba menelusuri kawasan di Jalan Jendral Sudirman hingga Jalan MH Thamrin Jakarta pada Kamis, (7/1/2021). Pada pukul 09.30 WIB penulusuran dimulai dari kawasan pedestrian yang berada di kawasan Senayan. Namun, tidak menemukan adanya pemulung ataupun gelandangan di sana.

Baca Juga:  Menohok! HNW Sindir Risma Warga Surabaya di Kolong Tol Belum Pernah Dikunjungi

Bergeser sedikit, kemudian di kawasan Jalan Jendral Sudirman di sekitaran gedung BRI pun demikian. Trotoar disitu hanya ditemui banyak pejalan kaki ataupun tukang ojek yang sedang menunggu penumpang.

Beranjak ke arah Dukuh Atas. Di sana lagi-lagi tak ditemukan adanya pemulung atau gelandangan sebagaimana yang ditemukan oleh mantan Wali Kota Surabaya ini.

Bahkan, MNC Portal mencoba ke tempat salah yang dimana dalam blusukan tersebut Risma mencoba berbincang dengan dua pengemis yakni di Jl. Baturaja, Jakarta Pusat yang berada di samping UOB Plaza.

Sudirman-Thamrin 

Di situ hanya nampak beberapa penjual kopi keliling dan juru parkir yang sedang mengatur parkir motor karyawan. Disisi lain tak nampak penjagaan dari Satpol PP DKI Jakarta.

Joni (58) adalah salah satu Juru Parkir di Jalan Baturaja mengakui melihat peristiwa blusukan yang dilakukan oleh Risma. Namun, dia menegaskan bahwa jarang melihat kedua orang tersebut jarang berada di Jalan Baturaja.

“Saya sudah lama (ngatur parkiran disini) enggak pernah liat mereka. Dan baru kali ini juga Menteri turun ke lapangan,” ungkap Joni saat ditemui.

Baca Juga:  Soal Risma Blusukan, DPRD DKI: Kalau Koordinasi dengan Dinsos Lebih Kompak

Tak sampai disitu, MNC Portal kembali mencoba melakukan penelusuran di ruas Jalan Sudirman-Thamrin pada, Kamis sore harinya.

Lokasi pertama ditelusuri adalah Jalan Baturaja tepatnya disamping gedung UOB yang merupakan tempat Risma menemui Tunawisma. Namun, di tempat tersebut tak ada gelandangan ataupun pemulung.

Kemudian, berpindah ke arah Dukuh Atas. Nampak ada seseorang pemulung membawa gerobak sedang duduk di pinggir jalan. Sebab ketika akan diwawancara pemulung tersebut enggan berkomentar.

Baca Juga: Petugas Satpol PP DKI Mondar-mandir di Lokasi Risma Blusukan, Ada Apa?

 

Sehingga tidak diketahui maksud dan tujuan pemulung tersebut duduk di pedestrian di sekitar Jalan Sudirman dan tepatnya di daerah Dukuh Atas.

Lalu beranjak ke arah Stasiun Sudirman tidak nampak pemulung ataupun gelandangan yang berjajar. Hanya ada pejalan kaki ataupun pekerja kantoran yang akan masuk ke Stasiun Sudirman.

Selanjutnya MNC Portal mencoba menelusuri ruas Jalan Sudirman ke arah Senayan. Di sepanjang pedestrian di ruas jalan tersebut pun tidak ditemukan, hanya ada beberapa penjual kopi keliling yang sedang menjajakan jualannya ke masyarakat.

Sebelumnya blusukan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma di kawasan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta, menurut netizen atau warganet janggal atau tidak lazim. Untuk itu, netizen membongkar drama blusukan tersebut.

Dalam blusukan itu, Risma berbincang dengan dua pengemis di Jalan Thamrin - Sudirman. Ternyata, satu di antara pengemis itu diduga merupakan simpatisan salah satu partai politik.

Hal itu terungkap usai akun Instagram @undercover.id mempostingnya pagi tadi, Rabu 6 Januari 2021. Dalam postingan terbagi dalam tiga foto itu terlihat berbagai bukti mulai dari dua pengemis yang makan hingga komentar di salah satu postingan.

“Nitijen Indonesia gag ada obat... telitinta minta ampun,” tulis @undercover.id, Rabu 6 Januari 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini