Blusukan ke RSUP Fatmawati, Anies: Untuk Menghormati Adab dan Etika, Berkabar Dulu kepada Menkes

Bima Setiyadi, Koran SI · Kamis 07 Januari 2021 18:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 07 338 2340663 blusukan-ke-rsup-fatmawati-anies-untuk-menghormati-adab-dan-etika-berkabar-dulu-kepada-menkes-7q4A2q13sG.jpg Gubernur DKI Anies Baswedan kunjungi RSUP Fatmawati (Foto: Ist)

JAKARTA - Di tengah ramainya isu blusukan Menteri Sosial Tri Rismaharini yang menemui tunawisma Ibu Kota, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan malah blusukan ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati.

Dalam kunjungannya, Anies memberi kabar terlebih dahulu kepada Menteri Kesehatan Budi Sadikin. Untuk menjaga adab dan etika, mengingat rumah tersebut milik Pemerintah Pusat.

Hal itu diungkapkan Anies dalam laman Instagramnya, pada Kamis (7/1/2021).

Baca Juga:  Ke RSUP Fatmawati, Anies Dicurhati Perawat

Sedikitnya ada sembilan slide foto kunjungan Anies di RSUP Fatmawati dalam lama Instagramnya itu. Dalam keterangan slide foto itu, Anies menyatakan bahwa beberapa waktu lalu dirinya berbincang dengan Menteri Kesehatan Budi Sadikin tentang kolaborasi penanganan warga yang terpapar Covid-19.

Anies ke RSUP Fatmawati Foto: Ist 

Tak lama kemudian, Menteri Budi berkunjung ke RSUP Fatmawati yang telah membangun fasilitas khusus untuk penanganan Covid-19. Anies menyampaikan insya Allah dirinya juga akan melihatnya.

"Untuk menghormati adab dan etika, pagi ini berkabar terlebih dahulu kepada Menkes bahwa saya akan mengunjungi rumah sakit yang milik Kemenkes, bukan milik DKI," seperti yang dikutip dalam keterangan slide foto di laman Instagram Aniesbaswedan.

Baca Juga:  Netizen Ngamuk, Gambar Risma Muncul saat Anies Serahkan BLT

Anies mengucapkan syukur bahwa dirinya berkesempatan bersapa dengan pimpinan dan para tenaga kesehatan di sana. Dalam penanganan pandemi Covid-19, RSUP Fatmawati dikhususkan untuk merawat pasien dengan gejala sedang dan berat dan telah dilengkapi dengan fasilitas HCU dan ICU terbaik. Fasilitas baru sengaja dibangun secara cepat dengan tekonologi baru untuk bisa menangani kasus-kasus Covid-19.

Namun yang lebih penting, RSUP Fatmawati dikawal oleh para tenaga kesehatan yang amat mumpuni dan berdedikasi tinggi. Tadi menyempatkan berdiskusi tentang pengalaman di masa pandemi dan tentang situasi terkini. Mereka semua adalah pejuang dan pahlawan kesehatan. Benteng pertahanan terakhir untuk memastikan yang dirawat bisa kembali berkumpul bersama keluarga.

Sempat juga berbincang dengan salah satu pasien melalui intercom yang terhubung dengan ruang perawatan isolasi. Memberi motivasi agar semangat melawan pandemi ini.

"Situasi pandemi saat ini sedang darurat. Mari bantu ringankan kerja para tenaga kesehatan sebagai garda terakhir yang menyelamatkan nyawa masyarakat. Tegakkan terus protokol kesehatan. Pemprov DKI akan terus mendorong 3T (tracing, testing, treatment), sementara warga Ibukota diharapkan menjalankan 3M sepenuhnya. Insya Allah, kita akan kalahkan pandemi ini bersama-sama," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini