Resmikan RS Covid-19, Anies: Semoga Jadi Babak Baru, 2 Hari Lagi Vaksin Digunakan

Okto Rizki Alpino, Sindonews · Senin 11 Januari 2021 19:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 11 338 2342700 resmikan-rs-covid-19-anies-semoga-jadi-babak-baru-2-hari-lagi-vaksin-digunakan-sal8bEJesP.jpg Gubernur DKI Anies Baswedan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Babak baru Covid-19 dalam waktu dekat akan segera dimulai. Pasalnya, penggunaan vaksin Sinovac untuk seluruh masyarakat Indonesia dapat digunakan dalam dua hari ke depan.

Hal itu disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meresmikan RS Ukrida Jakarta Barat sebagai rujukan penanganan pasien Covid-19 secara virtual bersama Menskes Budi Gunadi Sadikin.

"Semoga ini menjadi babak baru Covid-19 makin terkendali. Apalagi, dalam waktu singkat dua hari lagi, vaksin akan mulai digunakan di seluruh wilayah Indonesia," ujarnya, Senin (11/1/2021).

Baca Juga: Pasien Isolasi Covid-19 Dapat Dispensasi jika SIM Kedaluwarsa

Dalam kesempatan ini, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengapresiasi langkah Menkes dalam usaha meningkatkan kapasitas fasilitas kesehatan di wilayah DKI Jakarta guna menampung lonjakan penambahan kasus Covid-19.

"Kami menyaksikan sekali betapa dalam 3 minggu ini kita mengalami percepatan yang amat tinggi di dalam penanganan Covid-19. Kami di DKI merasakan persis dalam tiga minggu ini kehadiran pak menteri betul-betul terasa dalam akselerasi percapatan penanganan kasus," ungkapnya.

Sementara itu, kepala BPOM Penny K. Lukito mengatakan, vaksin Sinovac sudah mendapatkan lisensi EUA. Di mana, penerbitan itu dilakukan setelah pihaknya melakukan kajian terhadap uji klinis fase III vaskin Covid-19 Sinovac yang dilakukan di Bandung. Selain itu, BPOM juga mengkaji hasil uji klinis vaksin Sinovac yang dilakukan di Turki dan Brasil.

Baca Juga: Hasil Uji Klinis Vaksin Sinovac, BPOM: Efikasi Sebesar 65,3%

Penny menyatakan bahwa vaksin Coronavac telah menunjukkan kemampuan dalam pembentukan antibodi dan kemampuan antibodi di dalam tubuh untuk membunuh atau menetralkan virus atau imunogenisitas.

"Hasil uji klinis di Bandung menunjukkan imunogenisitas yang baik," kata Penny dalam keterangan pers, Senin 11 Januari 2021.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini