PPKM, Jalan Jenderal Sudirman Kota Bogor Ditutup Mulai Malam Ini

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Selasa 12 Januari 2021 21:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 12 338 2343367 ppkm-jalan-jenderal-sudirman-kota-bogor-ditutup-mulai-malam-ini-vtKYRePGWR.jpg Kota Bogor, Jawa Barat (Foto: Putra R)

BOGOR - Mulai malam ini, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Bogor Tengah, Jawa Barat Kota ditutup selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) guna mencegah Covid-19. Penutupan dilakukan karena di jalan tersebut kerap ditemukan kerumunan setiap malam hari.

"Saya, pak Kapolresta dan pak Dandim menyepakati menutup salah satu ruas utama (Jalan Jenderal Sudirman) untuk mengurangi mobilitas dan mengurai kerumunan. Di titik ini setiap malam ramai sekali," kata Wali Kota Bogor Bima Arya, Selasa (12/1/2021).

Baca Juga:  Kajari Parepare Meninggal Setelah Terpapar Covid-19

Penutupan ini akan diberlakukan selama dua pekan ke depan atau selama masa PPKM berlangsung. Untuk jadwalnya, Jalan Jenderal Sudirman ditutup mulai pukul 19.00 WIB sampai pukul 05.00 WIB.

"Penutupan mulai dari titik Air Mancur di sini sampai belokan di Bogor Permai. Ini selama 2 minggu (penutupan) sampai tanggal 25 Januari," tegas Bima.

Di samping itu, Bima mengingatkan kepada warga Kota Bogor bahwa kondisi saat ini masih belum aman dari Covid-19. Pasalnya, tingkat ketersediaan tempat tidur pasien covid-19 sudah nyaris penuh.

"Kita ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat situasinya sekarang sudah harus memerlukan antensi bersama rumah sakit penuh, ICU 100 persen penuh. Banyak warga yang tidak bisa mendapatkan akses rumah sakit karena itu tetap di rumah, hindari kerumunan kurangi mobilitas," ungkapnya.

Sementara, Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo mengatakan nantinya akan ada rekayasa lalu lintas yang disiapkan terkait penutupan tersebut. Tak hanya Jalan Jenderal Sudirman, pihaknya juga akan menutup ruas jalan lainnya di Kota Bogor kalau ditemukan banyak kerumunan selama PPKM.

"Kami akan melakukan penutupan dan mencari rekayasa apabila dalam penutupan ini terjadi antrean panjang kita lihat perkembangan seperti apa. Mungkin tidak hanya jalan ini yang akan ditutup, jalan lain mungkin juga untuk mencegah kerumunan. Setiap hari kita evaluasi," ucap Susatyo.

Baca Juga:  Kasus Konser Dangdutan, Wakil Ketua DPRD Tegal Wasmad Divonis Hukuman Percobaan

Tidak hanya penutupan lalu lintas, pihaknya juga telah menyiapkan truk Pemburu Pelanggar PPKM yang akan berkeliling Kota Bogor mencari pelanggar protokol kesehatan. Mereka akan diangkut ke dalam truk untuk didata dan diberikan sanksi sesuai aturan.

"Kita gencarkan penegakan hukum atau Operasi Yustisi di area yang sering kerumunan. Juga kita memonitor cafe, restoran atau pusat perbelanjaan yang tidak patuh kita tindak di tempat," tutupnya.

 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini