Tangerang Tunggu Kedatangan Vaksin Covid-19

Isty Maulidya, Okezone · Rabu 13 Januari 2021 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 338 2343707 tangerang-tunggu-kedatangan-vaksin-covid-19-G8zgGkYukr.jpg Ilustrasi (Foto : The Scientist)

TANGERANG - Provinsi Banten sudah menerima kurang lebih 14.000 vaksin Sinovac yang siap disebarkan di Kota Serang dan Kota Tangerang Selatan. Sementara, untuk Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang masih menunggu kedatangan vaksin dari Pemprov Banten.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengaku bahwa distribusi vaksin Sinovac dari Pemprov Banten ke Pemkab Tangerang, pada akhir Januari 2021, atau pada termin ke dua distribusi vaksin di Banten. Namun, saat ini pihaknya sudah siap untuk melaksanakan vaksinasi.

"Kedatangan vaksin ke Kabupaten Tangerang mungkin termin kedua, sekitar minggu ketiga bulan Januari," ujarnya pada Rabu (13/1/2020).

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan fasilitas kesehatan yang akan digunakan sebagai lokasi vaksinasi. Faskes yang disiapkan terdiri dari rumah sakit umum, rumah sakit swasta, dan juga puskesmas.

"Penyuntikan vaksin kita siapkan di 24 RS umum Pemerintah dan swasta, 44 Puskesmas dan 17 klinik yang sudah kita daftarkan untuk pelayanan Vaksin Covid-19," ujarnya.

Saat pelaksanaan vaksinasi, setiap faskes akan melayani minimal satu sesi. Dimana setiap satu sesi akan melayani 20 orang untuk diberikan vaksin. Untuk jadwal vaksinasi nantinya akan mengikuti jadwal dari masing-masing faskes.

Baca Juga : Ini Efek yang Langsung Dirasakan Usai Disuntik Vaksin Covid-19

"Untuk jadwalnya faskes yang menginput. Pelaksanaannya nanti, tergantung masing-masing RS. Maksimal sehari 20 orang dan 20 ini dianggap antri sekitar 30 menit. Jadi ini diperkirakan baru akan selesai sore hari," terang dia.

Provinsi Banten diperkirakan akan mendapatkan jatah vaksin sebanyak 72 ribu pada akhir Januari 2021. Distribusi vaksin ini akan dibagikan secara bertahap ke setiap wilayah di Provinsi Banten. Untuk tahap pertama ini, sebanyak 14.560 vaksin akan didistribusikan ke Kota Serang dan Kota Tangerang Selatan.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini