Kadinkes DKI: 120.040 Vaksin Covid-19 Telah Terdistribusikan ke Seluruh Jakarta

Binti Mufarida, Sindonews · Kamis 14 Januari 2021 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 14 338 2344404 kadinkes-dki-120-040-vaksin-covid-19-telah-terdistribusikan-ke-seluruh-jakarta-2q1sYdkgIW.jpg Foto: Tangkap layar diskusi lewat Zoom

JAKARTA - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan saat ini 120.040 dosis vaksin Covid-19 Sinovac dari Biofarma telah didistribusikan di seluruh Puskesmas Jakarta.

Widyastuti mengatakan vaksin Covid-19 dikirimkan oleh Biofarma dalam tiga periode yakni 4, 7, dan 11 Januari 2021. “Alhamdulillah di DKI Jakarta sejak 4 Januari kemarin sudah menerima pengiriman vaksin Sinovac dari Biofarma. Total, jadi ada tiga kali pengiriman tanggal 4, 7, dan 11 Januari,” katanya dalam Media Briefing Kesiapan Vaksin Covid-19 di Jakarta secara virtual, Kamis (14/1/2021).

“Pertama kami menerima 39.200 dosis atau vial. Pengiriman kedua pada 7 Januari kami juga menerima pengiriman 39.200, dan terakhir pada 11 Januari kami mendapatkan 41.620 vial. Jadi total, DKI Menerima 120.040 vial yang kami simpan dalam cold room,” jelas Widyastuti.

Widyastuti pun menjelaskan cold room ini adalah suatu tempat dengan suhu terjaga supaya menjaga valid potensi dari vaksin. “Supaya tidak menurun dalam rangka memberikan perlindungan terhadap warga yang kita berikan suntikan tadi. Cold room ada di Dinas Kesehatan,” jelasnya.

Selain itu, Widyastuti menegaskan pihaknya telah mendistribusikan vaksin ke Puskesmas di Jakarta. “Sejak kemarin kami sudah mendistribusikan sesuai jadwal. Jadi kami memakai konsep wilayah. Di DKI Jakarta ada 5 kota dan satu kabupaten. Jadi lima kota di DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Utara, Barat, Selatan, Timur,” katanya.

“Kami jadwalkan mulai jam 7 pagi (vaksin) datang di Dinas Kesehatan dengan membawa alat yang terstandar sehingga kualitas vaksin terjaga, suhunya terjaga betul, datang bersama dengan teman-teman Puskesmas,” jelasnya.

Widyastuti pun mengatakan jika proses distribusi vaksin di DKI Jakarta selesai dengan cepat karena didukung geografis yang mudah. “DKI Jakarta alhamdulillah geografisnya mudah sehingga kami dengan cepat selesai mendistribusikan sampai dengan Puskesmas.”

Masing-masing Puskesmas, kata Widyastuti juga mendapatkan sejumlah vaksin yang sesuai data yang diterima dari Kementerian Kesehatan sesuai dengan kelompok.

Widyastuti mengatakan dalam pengiriman vaksin Covid-19 juga dibantu oleh jajaran Polda Metro Jaya. “Dan Alhamdulillah dalam pengiriman tadi, kami dibantu oleh jajaran Polda Metro Jaya yang mengawal betul vaksin ini sampai tujuan dengan aman. Jadi saat ini semua vaksin sudah terdistribusi di Puskesmas masing-masing,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini