DKI Unggah Foto Genteng Berkelir di Fly Over Lenteng Agung, Warganet : Kapan Bisa Digunakan

Bima Setiyadi, Koran SI · Sabtu 16 Januari 2021 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 16 338 2345530 dki-unggah-foto-genteng-berkelir-di-fly-over-lenteng-agung-warganet-kapan-bisa-digunakan-4dqXu6yONZ.jpg Foto: Instagram/@dkijakarta.

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta melalui akun instagramnya @dkijakarta mengunggah foto kawasan Jalan Layang Tapal Kuda, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (16/1/2021). Genteng pemukiman di sekitar Jalan Layang tersebut dikelir hingga membentuk suatu gambar tematik.

Dalam keterangan foto yang diunggah tersebut, Pemprov DKI Jakarta menjelaskan bahwa sejak 2 Desember 2020 lalu, pemukiman warga di sekitar kawasan dipercantik, dengan pengecatan tematik menggunakan cat warna-warni melibatkan 218 rumah warga wilayah RW 01, 02, 03 dan 05.

BACA JUGA: Segera Beroperasi, Fly Over Tapal Kuda Akan Punya Pemandangan Instagramable

"Program meratifikasi yang telah rampung ini adalah hasil kolaborasi Pemprov DKI Jakarta, Dewan Kesenian Jakarta yang membuat design, perusahaan produksi cat dan warga," seperti yang dikutip dalam keterangan foto instagram dkijakarta, Sabtu (16/1/2021)

Lebih dari 3.557 netizen menyukai foto unggahan tersebut dan beragam komentar pun memenuhi kolam komentar instagram itu. Banyak yang menyanjung hasil kolaborasi itu dan tak sedikit malah menanyakan kapan Jalan Layang itu difungsikan.

"Peresmian jalannya kapan kira2" tulis ipaanirfan.

"Jadi kapan bisa digunakan min, dah lama jadi tapi belum bisa dimanfaatkan. Sekarang ini puter harus jauh ke pasar minggu kalau dari Depok. Minta disundul buat bisa digunakan. Thanks min" komentar guntur_wnp

"Tapal kudanya kapan dibuka, jauh bet kalau muter," kata seekarahma

Sayangnya Pemprov DKI Jakarta tidak membalas pertanyaan pertanyaan tetang kapan fly over tapal kuda bisa digunakan.

BACA JUGA: Flyover Lenteng Agung Rampung Tahun Ini, Atap Rumah Warga Dicat Warna-warni

Berdasarkan data yang dihimpun, fly over tapal kuda dibangun sejak Oktober 2019. Proyek jalan Layang Tapal Kuda ini dibangun untuk mengurai kemacetan dan membuat lintasan tak sebidang di rel kereta api Lenteng Agung yang kerap membahayakan.

Proyek itu dibangun oleh dua kontraktor dengan anggaran sekitar Rp85 Miliar. PT Jakarta Kontruksi yang menangani flyover Tanjung Barat. Bangunan itu mempunyai total panjang 1.120 meter, di sisi selatan 470 meter, sisi utara 580 meter dengan lebar 8 meter dan tinggi 6,5 meter.

Flyover berbentuk huruf U itu di bangun di putaran balik depan kampus IISIP Lenteng Agung dan Poltangan di Jalan Tanjung Barat Raya.

Sementara flyover Lenteng Agung dibangun oleh PT PP. Bangunan ini mempunyai panjang total 880 meter dengan rincian sisi barat depan IISIP 430 meter dan sisi timur 450 meter.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Harri Nugroho pada akhir tahun lalu menargetkan Fly Over lenteng Agung sudah bisa diujicobakan. Namun, hingga saat ini belum juga dilakukan. Secara prinsip pekerjaan utama Flyover Lenteng Agung sudah selesai ditandai dengan pekerjaan pengaspalan pada area flyover. Hanya saja ada penataan taman di bawah flyover agar terlihat indah dan menarik. Termasuk pembangunan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO). Setelah itu baru akan dilakukan ujicoba.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini