Total 15 Pemalsu Surat Swab PCR Ditangkap Polisi

Isty Maulidya, Okezone · Senin 18 Januari 2021 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 338 2346373 total-15-pemalsu-surat-swab-pcr-ditangkap-polisi-VhBREsfei1.jpg 15 komplotan pemalsu surat swab PCR ditangkap polisi (Foto : Okezone.com/Isty)

TANGERANG - Komplotan pembuat surat keterangan bebas Covid-19 palsu akhirnya ditangkap oleh jajaran Polresta Bandara Soekarno-Hatta. Komplotan ini merupakan sindikat yang sama dengan pelaku yang sebelumnya sudah diungkap oleh Polda Metro Jaya pada Desember lalu

Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta, Kombes Pol Adi Ferdian Saputra menerangkan ada 15 pelaku yang saat ini sudah diamankan. Masing-masing pelaku memiliki peran yang berbeda mulai dari mencari penumpukan yang membutuhkan surat keterangan bebas Covid-19, hingga membuat surat palsu tersebut.

"Ada 15 orang yang diamankan, semuanya ini satu komplotan. Mereka punya tugas masing, dan mereka ini juga sebetulnya saling mengenal di lingkungan bandara," ujar Adi.

Komplotan ini rupanya sudah melakukan aksi tersebut sejak Oktober. Diperkirakan jumlah pemesanan surat palsu tersebut mencapai 200 orang, namun jumlah tersebut kemungkinan besar bisa bertambah mengingat dalam satu hari jumlah pemesanan bisa mencapai 20 hingga 30 orang.

Baca Juga : Komplotan Pemalsu Surat Swab Pernah Jadi Relawan Validasi di Bandara Soetta

"Pengakuan pelaku sudah berjalan sejak Oktober lalu, diperkirakan sudah ada 200 lebih orang yang memesan surat keterangan palsu ini, tapi masih akan kita kembang karena jumlahnya mungkin akan bertambah," lanjut Adi.

Atas perbuatannya tersebut, para tersangka akan disangkakan pasal berlapis yaitu UU nomor 6 tentang Kekarantinaan Kesehatan, UU Nomor 4 tentang wabah penyakit menular, pasal 263 KUHPidana, dan 268 ayat 1 KUHPidana.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini