Kapasitas RS Tersisa 13%, DPRD DKI: Perlu Ditingkatkan dalam Waktu Singkat!

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Selasa 19 Januari 2021 14:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 338 2347029 kapasitas-rs-tersisa-13-dprd-dki-perlu-ditingkatkan-dalam-waktu-singkat-LyxLraOFo2.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI segera menambah kapasitas rumah sakit di Ibu Kota, setelah daya tampung rumah sakit DKI untuk pasien Covid-19 tersisa 13%.

"Kapasitas rumah sakit untuk pasien Covid-19, khususnya ketersediaan ruang ICU/HCU serta tenaga kesehatan perlu ditingkatkan dalam waktu singkat," kata Mujiyono saat dikonfirmasi, Selasa (19/1/2021).

Mujiyono menilai, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mulai memikirkan untuk memobilisasi sementara tenaga kesehatan dari daerah dengan tingkat penularan Covid-19 yang masih rendah. "Atau minta dukungan tenaga kesehatan dari negara sahabat yang sudah mengendalikan Covid-19," tutur dia.

Baca Juga:  Jakarta Dinobatkan Bebas Macet, Warganet: Siapa Dulu Pemimpin DKI 

Politisi Demokrat itu menambahkan, Pemprov DKI juga perlu memperbanyak lokasi isolasi mandiri dengan memanfaatkan hotel, wisma, dan tempat penginapan lainnya.

"Perbanyak ketersediaan laboratorium untuk melakukan test swab PCR/Antigen di seluruh daerah yang menerapkan PSBB sehingga kasus positif dapat lebih cepat diketahui sehingga mempermudah untuk melakukan tracing dan membatasi penularannya," ujarnya.

Sebelumnya, Tingkat keterisian rumah sakit di DKI Jakarta nyaris penuh. Kapasitas rumah sakit di Ibu Kota untuk menampung pasien Covid-19 diperkirakan hanya bersisa 13% lagi.

"Berikut gambaran terkini kondisi rumah sakit di Jakarta. Kapasitas tersisa 13% lagi untuk menampung pasien Covid-19, baik yang berasal dari Jakarta maupun luar Jakarta," tulis akun resmi Pemprov DKI Jakarta.

Adapun bed occupancy rate (BOR) atau angka penggunaan tempat tidur di rumah sakit DKI Jakarta sebanyak 87%. Hal itu lantaran rumah sakit di Jakarta juga melayani warga lintas provinsi.

Baca Juga:  DKI Unggah Foto Genteng Berkelir di Fly Over Lenteng Agung, Warganet : Kapan Bisa Digunakan

Pemprov DKI mencatat warga Jakarta yang dirawat di rumah sakit angkanya sebesar 63%. Sisanya tingkat keterisian BOR diisi warga penyanggah Ibu Kota.

Sementara itu, BOR di Provinsi Banten 79%, DIY 78%, Jawa Barat 73% dan Jawa Timur 69%. "Kita perlu bergandeng tangan untuk bersama menangani pandemi ini. Seluruh warga Jabodetabek harus sama-sama tingkatkan disiplin, ingatkan sesama, saling menjaga, bersama kita putuskan rantai penularan Covid-19," tulis @dkijakarta.

"Jalankan 3M: Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak. Dan batasi aktivitas keluar rumah, kecuali untuk keperluan yang amat penting," tambah dia.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini