Memprihatinkan, Begini Kondisi Pascabanjir Bandang di Gunung Mas Bogor

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Selasa 19 Januari 2021 22:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 338 2347336 memprihatinkan-begini-kondisi-pascabanjir-bandang-di-gunung-mas-bogor-KXC3Ve6NAr.jpg Kondisi pascabanjir bandang menerjang Gunung Mas, Bogor, Jawa Barat (Foto: Putra R)

BOGOR - Banjir bandang melanda kawasan Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/1/2021). Sejumlah rumah warga rusak diterjang banjir tersebut. 

Pantauan MNC Portal di lokasi, terlihat pemandangan cukup mengerikan di lokasi banjir bandang. Material lumpur bercampur batu dan batang kayu nampak memporak-porandakan sepanjang bantaran Sungai Cisampay hingga ke pemukiman warga sekitar.

Alhasil, salah satu akses jalan menuju area perkampungan tak bisa dilintasi kendaraan. Tak hanya itu, terlihat juga beberapa rumah warga di bantaran sungai rusak diterjang banjir bandang.

Baca Juga: Pascabanjir Bandang, Ketinggian Air Bendung Katulampa 30 Cm

Sementara, ratusan warga terdampak sudah diungsikan ke wisma di Komplek Gunung Mas. Tim SAR gabungan dari TNI-Polri, BPBD, Tagana dan lainnya sudah di lokasi menyalurkan bantuan logistik sembari mengantisipasi terjadinya banjir susulan. 

Pascabanjir bandang

Kepala Desa Tugu Selatan Eko Windiana mengatakan ada sekitar 900 warga yang diungsikan. Selain itu, terdapat 6 bangunan rusak diterjang banjir bandang.

"Sekitar 900 jiwa diungsikan ke wisma karena khawatir curah hujan tinggi kembali banjir. Kerusakan sementara terdata ada 6 sampai 7 bangunan terus warung juga ada terbawa arus," kata Eko, di lokasi.

Baca Juga: Cerita Warga saat Detik Menegangkan Banjir Bandang Terjang Gunung Mas Bogor

Pascabanjir bandang

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Diduga, penyebab banjir bandang karena intensitas hujan tinggi yang mengguyur kawasan Puncak sejak kemarin ditambah adanya longsoran beberapa waktu lalu di hulu yang menyumbat Sungai Cisampay.

"Ada longsoran di atas (Curug Cisampay) menyumbat terus jebol. Alhamdulillah gak ada korban jiwa, cuma tadi dua orang luka karena banjir susulan," tutupnya.

 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini