Tol dan Jalur Transjakarta Akan Dipasang Kamera Tilang Elektronik

Helmi Syarif, Koran SI · Kamis 21 Januari 2021 14:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 338 2348409 tol-dan-jalur-transjakarta-akan-dipasang-kamera-tilang-elektronik-BcOiLxhfsD.jpg Jalur Bus Transjakarta (Foto: Okezone)

JAKARTA – Selain melakukan pemasangan kamera Electronic Traffic Law Enforcement (Etle) di jalan protokol, Ditlantas Polda Metro Jaya juga akan menempatkan kamera tersebut di jalan tol dan jalur bus Transjakarta.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo mengatakan, selain proposal permintaan kamera Etle baru kepada Pemprov DKI Jakarta, pihaknya juga meminta kepada pengelola jalan tol dan bus Transjakarta untuk memasang kamera Etle yang nantinya akan menangkap para pelanggar dan penerobos jalur.

“Kami juga sudah meminta pengelola tol dan bus Transjakarta guna memasang kamera Etle,” katanya.

Baca Juga: Begini Reaksi Warganet Soal Program Tilang Elektronik Kapolri

Nantinya, kamera yang terpasang tersebut akan tersambung dengan pusat data Etle. Sebab, pelanggaran yang tertinggi masih berada di jalan tol dan pelanggaran penerobosan jalur bus Transjakarta.

“Sehingga bagi para pengendara yang nyelonong masuk jalur busway bisa tertangkap kamera. Demikian juga dengan kendaraan yang melanggar batas kecepatan di jalan tol bisa tertangkap di kamera,” tukasnya.

Dia mengharapkan seluruh kamera yang sudah diajukan bisa segera terpasang akhir tahun ini. Seperti diketahui, ada 12 kamera yang awalnya terpasang di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin dan ditambahkan 45 kamera yang bakal mengawasi para pengendara. Kamera tersebut akan mendeteksi pengendara yang melanggar penggunaan sabuk pengaman, penggunaan ponsel, melanggar marka jalan, dan pelat nomor ganjil-genap.

Baca Juga: Berikut Daftar Lokasi Kamera Tilang Elektronik di Jakarta

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini